CIREBON,RAKCER.ID – Nissan Leaf bukan hanya sebuah mobil listrik, tetapi representasi nyata dari masa depan mobilitas urban yang efisien dan ramah lingkungan.
Dalam pengujian di lingkungan perkotaan Indonesia, Nissan Leaf generasi terbaru menunjukkan performa yang bukan hanya memuaskan secara teknis, tapi juga menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, nyaman, dan bebas emisi.
Begitu mulai dikendarai, hal pertama yang langsung terasa adalah keheningan kabin.
Baca Juga:Harga Tesla Roadster Capai Miliaran, Tapi Sudah Dipesan Ribuan UnitFitur Canggih Tesla Roadster Mode Roket hingga Interior Tanpa Tombol
Simak Ulasan Lengkap Tentang Uji Jalan Nissan Leaf
Tanpa mesin pembakaran internal, suara bising nyaris absen, menciptakan suasana berkendara yang tenang sesuatu yang sangat dihargai di tengah hiruk pikuk jalan kota.
Bahkan saat berakselerasi, suara motor listrik hanya terdengar halus, memberikan sensasi berkendara yang futuristik.
Performa Nissan Leaf di jalanan perkotaan sangat impresif. Dengan tenaga setara 147 hp dan torsi 320 Nm yang tersedia instan sejak pedal diinjak, Leaf mampu merespons dengan cepat dalam berbagai situasi lalu lintas.
Akselerasinya cukup untuk menyusul kendaraan lain di kemacetan atau saat lampu lalu lintas berubah hijau.
Respons pedal gas yang halus juga memberikan kontrol penuh kepada pengemudi, cocok untuk gaya berkendara santai maupun agresif.
Salah satu keunggulan yang terasa sangat membantu di kota adalah fitur one-pedal driving.
Pengemudi cukup menggunakan pedal gas untuk mempercepat dan memperlambat kendaraan, karena saat pedal dilepas, mobil akan melakukan pengereman regeneratif yang cukup kuat.
Baca Juga:Tesla Roadster Diklaim Mampu Capai 1000 Km Sekali Cas, Ini PenjelasannyaToyota Rush Tampil Lebih Stylish dengan Sentuhan Desain Modern
Selain menghemat energi, fitur ini juga mengurangi kelelahan karena lebih jarang menggunakan pedal rem saat macet.
Suspensi Nissan Leaf terasa empuk namun tetap stabil. Jalanan berlubang atau tidak rata seperti yang sering ditemui di jalan kota bisa dilalui dengan cukup nyaman.
Radius putar mobil juga tergolong kecil, sehingga memudahkan untuk parkir paralel atau berputar balik di jalan sempit.
Ini menjadikan Leaf sebagai pilihan ideal untuk penggunaan harian di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya.
Selama pengujian, konsumsi energi mobil ini terbilang hemat. Dengan baterai 62 kWh, Leaf bisa menempuh hingga 400–450 km dalam kondisi lalu lintas kota yang padat.