10 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Menembus Kerja di Dunia Pertambangan

10 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Menembus Kerja di Dunia Pertambangan
tambang.jpg
0 Komentar

CIREBON,RAKCER.ID – Pertambangan  merupakan  sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Berkat kekayaan lingkungan alamnya, Indonesia menawarkan banyak peluang kerja di sektor pertambangan baik bagi pekerja terampil maupun tidak terampil.

Bagi siapa pun yang tertarik berkarir di industri pertambangan, memilih jurusan  yang tepat merupakan langkah awal yang penting.

Berikut  10 program universitas yang akan membantu Anda memasuki dunia kerja di sektor pertambangan

Baca Juga:5 Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak,Orang Tua Wajib Tahu!5 Cara membuka hp yang lupa kata sandi dengan mudah

10 Pilihan Jurusan Kuliah Cocok Dunia Pertimbangan

1. Teknologi pertambangan Jurusan ini mengkaji eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan penggunaan mineral dan batubara. Lulusan teknik pertambangan dapat bekerja di berbagai bidang termasuk perencanaan tambang, operasi tambang, dan pengolahan mineral. 

2.Teknik GeologiJurusan ini mempelajari  struktur bumi, sejarah geologinya, dan sifat-sifat mineral dan batuan. Lulusan teknik geologi dapat bekerja di bidang teknik geoteknik dan geomekanik, serta eksplorasi mineral dan batubara. 

3. Teknik perminyakan Jurusan ini berfokus pada eksplorasi, produksi, dan pengolahan minyak dan gas alam. Lulusan teknik perminyakan dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk pengeboran minyak dan gas, produksi, dan pengolahan. 

4. Teknik Kimia Jurusan ini mempelajari  berbagai proses kimia, termasuk pengolahan mineral dan batubara. Lulusan teknik kimia dapat bekerja di bidang pengolahan mineral, metalurgi dan petrokimia.  5. Teknik Mesin Jurusan ini mengkaji berbagai macam mesin dan peralatan, termasuk yang digunakan dalam industri pertambangan. Lulusan teknik mesin dapat bekerja di bidang perancangan dan pengembangan peralatan pertambangan, serta pemeliharaan dan servis peralatan pertambangan

6. Teknik Elektro Jurusan ini mempelajari  berbagai sistem kelistrikan, termasuk yang digunakan dalam industri pertambangan. Lulusan teknik elektro dapat terlibat dalam perancangan dan pengembangan sistem pengendalian tambang serta instalasi dan pemeliharaan sistem pertambangan kelistrikan. 

7. Teknik Sipil Jurusan ini mengkaji berbagai struktur dan konstruksi, termasuk yang digunakan dalam industri pertambangan. Lulusan teknik sipil dapat bekerja merancang dan membangun infrastruktur pertambangan seperti jalan tambang, jembatan, dan terowongan. 

8. teknik Lingkungan Jurusan ini mempelajari  berbagai aspek lingkungan, termasuk pengelolaan limbah dan pencemaran. Lulusan Teknik Lingkungan dapat bekerja di bidang Pengelolaan Lingkungan Tambang, AMDAL, Rehabilitasi Tambang. 

0 Komentar