11 Fakta Menarik Burung Belibis, Sering Dianggap Burung Pembawa Keberuntungan 

11 Fakta Menarik Burung Belibis, Sering Dianggap Burung Pembawa Keberuntungan 
Burung belibis, atau dalam bahasa ilmiahnya Dendrocygna arcuata, adalah spesies burung pengicau yang menarik dan memiliki ciri khas yang unik.  Foto : Pinterest/ Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Fakta menarik burung belibis, Burung belibis, atau dalam bahasa ilmiahnya Dendrocygna arcuata, adalah spesies burung pengicau yang menarik dan memiliki ciri khas yang unik. 

Mereka termasuk dalam famili Burhinidae dan sering ditemukan di berbagai habitat terbuka seperti padang rumput, stepa, savana, dan daerah berbatu di wilayah Eropa, Asia, dan Afrika. 

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang burung belibis:

1.      Deskripsi Fisik: 

Fakta menarik burung belibis pertama yaitu Burung belibis memiliki penampilan yang mencolok dengan bulu berwarna cokelat krem di bagian atas tubuh dan putih di bagian bawahnya. 

Baca Juga:9 Fakta Tentang Inago Notsukudani, Makanan Khas Jepang yang Terbuat dari Belalang yang Kemudian Dimasak Dengan20 Fakta Menarik Tentang Burung Perkutut Bangkok, Jenis Burung Perkutut yang Berasal dari Negara Thailand dan

Mereka memiliki mata besar dengan pupil yang vertikal, paruh yang panjang dan lurus, serta kaki yang relatif panjang dan kuat. 

Ciri khas lainnya adalah garis hitam di bagian dada dan bulu-bulu yang berbentuk seperti kancing di bagian sayap.

2.      Asal Nama Burung Belibis:

Fakta menarik burung belibis ke 2 Nama “belibis” berasal dari bunyi panggilan khas yang sering mereka hasilkan, yang terdengar seperti “beli-belis-belis”. Panggilan ini seringkali terdengar di malam hari dan menjadi ciri khas yang mudah dikenali dari burung ini.

3.      Habitat utama: 

Fakta menarik burung belibis ke 3 Burung belibis biasanya ditemukan di daerah terbuka seperti padang rumput, savana, stepa, dan daerah berbatu. 

Mereka lebih suka habitat yang tidak terlalu berpenghunian dan sering kali menjaga jarak dari kegiatan manusia.

4.      Makanan Utama: 

Fakta menarik burung belibis ke 4 Burung belibis adalah pemakan omnivora yang memakan berbagai jenis makanan, termasuk serangga, cacing, kadal kecil, katak, tikus, dan berbagai jenis biji-bijian. 

Mereka sering kali mencari makan di tanah terbuka, menggunakan paruh mereka yang panjang untuk mencari mangsa di dalam tanah.

5.      Wilayah Penyebaran Burung belibis

Baca Juga:20 Fakta Menarik Tentang Ikan Toman, Ikan Predator yang Sangat Tangguh dan Juga Memiliki Ukuran Tubuh yang San20 Fakta Tentang Ikan Channa Maru Yellow Sentarum, Ikan Predator yang Memiliki Corak yang Sangat Beragam 

Fakta menarik burung belibis yang ke 5 Burung belibis memiliki sebaran yang luas di wilayah Eropa, Asia, dan Afrika. Mereka dapat ditemukan mulai dari Eropa Barat dan Selatan hingga ke Asia Tengah, Timur Tengah, dan sebagian Afrika Utara.

0 Komentar