KPU Launching Hari Pemungutan Suara Pemilu

HARI PEMILIHAN. KPU RI melaunching hari Rabu, 14 Februari 2024 sebagai hari dan tanggal untuk pemungutan suara Pemilu Serentak 2024.
HARI PEMILIHAN. KPU RI melaunching hari Rabu, 14 Februari 2024 sebagai hari dan tanggal untuk pemungutan suara Pemilu Serentak 2024.
0 Komentar

RAKYATCIREBON.ID – KPU RI melaunching hari Rabu, 14 Februari 2024 sebagai hari dan tanggal untuk pemungutan suara Pemilu Serentak 2024. Acara launching ini diikuti juga KPU Kuningan melalui virtual dsn dihadiri Forkopimda, Bawaslu, pimpinan partai politik, lembaga/instansi terkait dan lainnya di Aula KPU Kuningan, Senin malam (14/2).

“Pada tanggal 31 Januari 2022 telah ditetapkan Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022, yang memutuskan hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, bunyi petikan Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022,” kata Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi SPd.

Dia mengatakan, pemilihan umum serentak tersebut dilaksanakan untuk seluruh daerah pemilihan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, tentunya di Kabupaten Kuningan juga untuk memilih presiden dan wakil presiden. Kemudian Pemilu serentak tersebut juga untuk pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat (DPR RI) anggota dewan perwakilan daerah (DPD RI), dewan perwakilan rakyat daerah provinsi dan dewan perwakilan rakyat kabupaten/kota.

Baca Juga:Anggaran Pilkada Rp40 M dari Dana CadanganPengusaha Tahu Lamping Menjerit

“Keputusan KPU RI ini berdasarkan pasal 167 ayat (2) dan pasal 347 ayat (2) Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, perlu ditetapkan hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilihan Umum Serentak 2024,” jelas Asep.

Bupati H Acep Purnama menuturkan, pelaksanaan Pemilu bagaimanapun harus siap dan dipersiapkan mulai dari tahapan-tahapannya. Pihaknya akan bekerjasama untuk melakukan pendataan hak pilih, sosialisasi, pengamanan dan keamanan.

“Semoga melalui Pemilu Serentak ini bisa mewujudkan demokrasi yang jujur dan adil dapat dilaksanakan bersama-sama. Baik peserta, pemilih, penyelenggara, dan lainnya. Kita berharap Pemilu berjalan dengan baik, damai dan lancar,” ungkapnya.

Dalam launching tersebut, dihadiri oleh Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, Sekda Dr Dian Rachmat Yanuar, Dandim 0615 Kuningan Letkol CZI David Nainggolan, Kapolres Kuningan AKBP Dhani Aryanda, serta para ketua parpol dan tamu undangan. (ale)

0 Komentar