DPRD Indramayu Kunker Ke Diskopdagperin Kuningan Belajar Pengembangan UMKM

0 Komentar

RAKYATCIREBON.ID– Dalam rangka pembahasan Raperda inisiatif, DPRD Kabupaten Indramayu mengunjungi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, untuk membahas tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, kecil dan Menengah.

Rombongan kunjungan kerja dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Pimpinan Pansus 1 beserta anggotanya, unsur Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indramayu, Pejabat fungsional setda Kabupaten Indramayu dan OPD terkait di Meeting Room Diskopdagperin, kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintahan Daerah Kabupaten Indramayu, memandang Kabupaten Kuningan sektor UMKMnya lebih maju walaupun belum memiliki Perda Pengembangan UMKM.

Baca Juga:PAW Kewenangan DPP GerindraCegah Pencemaran Lingkungan, Perusahaan Wajib Mengelola Limbah

Pada kesempatan itu Kepala Diskumindag Kabupaten Indramayu menanyakan apa saja resep Pemerintah Kabupaten Kuningan, melalui Diskopdagperin Kabupaten Kuningan dalam mendorong dan memajukan UMKM di wilayahnya, sehingga beberapa UMKM dan kelompok pelaku usahanya dan pemerintahannya mendapatkan beberapa penghargaan di tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Diskopdagperin U Kusmana S.Sos M.Si didampingi oleh Para Kepala Bidang dan Para pejabat Fungsional di lingkup Diskopdagperin menyampaikan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh dinas dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM.

Selalin itu juga mensosialisasikan aplikasi sistem informasi pelaku usaha yang dikenal SiBaDu miRakyat kepada peserta kunjungan kerja. Bukan saja Kepala Diskumindag saja yang bertanya, beberapa anggota pansus 1 DPRD Kabupaten Indramayu pun bertanya kaitannya dengan pengembangan dan pemberdayaan UMKM yang merangkul dan bersinergi dengan komunitas-komunitas UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Diskopdgperin tidak bekerja sendiri, dinas menggunakan konsep heksahelix, yaitu kerjasama dan kolaborasi dengan akademisi, pelaku usaha (komunitas), masyarakat, pemerintah, Lembaga finansial dan Media,” kata Kadis.

Kadiskopdagperin berharap, dengan adanya kunjungan-kunjungan kerja semacam ini dapat memberikan motivasi bagi Diskopdaperin Kuningan, untuk meningkatkan Kinerja saat ini yang dirasa sangat berat dengan kondisi pasca pandemi COVID-19. Secara tidak langsung Diskopdagperin dapat belajar dari daerah lain dengan cara bertukar informasi saat acara kunjungan kerja dimaksud.(ale)

0 Komentar