Identitas meliputi: nama penerima, alamat lengkap, kode pos, dan nomor handphone. Tulis sedetail mungkin ya, lalu tempel di bagian depan barang atau paket yang ingin kita kirim.
Lalu tutup semua permukaan kertas alamat dengan selotip bening ya, hal ini bertujuan agar tulisan tidak mudah terhapus, selain itu tulis juga nama, alamat, dan nomor hp pengirim paket, yaitu data kita.
- Datang ke Kantor atau Agen JNE
Langkah selanjutnya yaitu datang ke kantor atau agen JNE, bawa barang yang ingin dikirim ke kantor JNE. Petugas akan mendata barang yang akan kita kirim, dan kemudian ditimbang beratnya.
Dicek kelengkapan alamatnya, biasanya petugas akan bertanya isinya apa. Barang mudah pecah atau lain sebagainya.
Jika barang kita packingnya kurang baik, petugas biasanya akan memperbaiki packingannya sampai dirasa benar-benar aman.
Kemudian, kita akan ditanya jenis barang apa yang ingin dikirim, serta layanan apa yang ingin dipakai. Misalnya yang populer yaitu JNE OKE, REGULER, dan YES.
Kita juga bisa mengasuransikan barang yang akan kita kirim, hal ini bertujuan untuk antisipasi jika hal buruk terjadi pada barang kita, misalnya rusak atau hilang. Tentunya ada biaya penambahan untuk asuransinya.
Selanjutnya barang akan diproses, dan kita akan diminta untuk membayar biaya pengiriman.
Selanjutnya kita akan mendapatkan struk berisi detail pengiriman yang di dalamnya tercantum nomor resi.
Setelah kita selesai mengirim ke JNE, kita akan mendapatkan nomor resi, nomor resi bisa dipakai untuk melacak kiriman kita atau biasa disebut dengan tracking resi.
Kita bisa mengecek status barang kita secara berkala dengan menggunakan nomor resi yang sudah didapat melalui jne.co.id. Kita bisa mengetahui barang sudah sampai di lokasi mana, dan kita hanya tinggal menunggu barang kita sampai di tujuan.
Jadi itulah langkah cara mengirim barang lewat JNE, semoga menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat. (*)