Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Sangat Dicari Saat Mudik Lebaran Tahun 2023

Oleh-Oleh Khas Cirebon
Oleh-Oleh Khas Cirebon yang sangat dicari Saat Mudik Lebaran. Foto: Tangkapan Layar
0 Komentar

RACKER.ID – Oleh-Oleh atau buah tangan pada saat  mudik lebaran sangat identik dengan masyarakat Indonesia sebelum  hari raya idul fitri tiba. Mudik sendiri artinya pulang ke kampung halaman.

Masyarakat biasanya akan menggunakan alat transportasi umum atau pribadi untuk pulang ke daerah asal. Dan salah satu yang identik dari mudik itu sendiri yakni oleh-oleh dari tempat mudik yang selalu ditunggu-tunggu.

Masyarakat yang mudik lebaran dengan kendaraan khususnya di Pulau Jawa memiliki pilihan untuk berkendara di jalan tol ataupun di jalan arteri seperti jalur pantura (Pantai Utara).

Baca Juga:Penderita Asam Lambung Wajib Hindari 7 Makanan Tidak Pedas Berikut ini, Banyak yang Belum MengetahuiMenggoda ! Rekomendasi 5 Parfum yang Cocok Untuk Acara Buka Bersama di Bulan Suci Ramadhan

salah satu daerah di pulau jawa yang memiliki daya tarik dan banyak cirri khasnya yakni Cirebon sebab jalur Cirebon sering dilintasi oleh para pemudik.

Cirebon sendiri memiliki berbagai  kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh khas untuk sanak saudara di kampung halaman.

Oleh-Oleh  khas Cirebon yang sangat dicari Saat Mudik Lebaran Tahun 2023:

  1. Kerupuk Melarat

Salah satu makanan khas Cirebon yang cukup unik kali ini adalah kerupuk melarat. Kenapa dinamakan kerupuk melarat karena dalam penggorengannya tidak menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir hal inilah yang menyebabkan penamaan dari kerupuk melarat itu sendiri.rasa yang sedikit manis dan gurih cocok dipadukan dengan sambal terasi khas Cirebon.

  1. Tape Ketan Bakung

Berbeda dengan olahan ketan pada umumnya yang diolah menjadi dodol atau kue basah, di Cirebon ketan dibuat menjadi tapai. Rasanya yang enak cenderung manis seperti madu dan sedikit asam dapat menggugah selera. Ciri khas yang menonjol dari tape ini adalah dibungkus dengan daun pisang atau daun jambu.

  1. Petis Udang

Olahan udang yang wajib dijadikan oleh-oleh lagi yakni petis udang.berbeda dengan petis udang yang ada disurabaya petis udang Cirebon cenderung lebih ke cerah karena bahan baku utama dari petis udang ini adalah udang rebon yang tentunya rasanya lebih kaya, manis yang langsung terasa di mulut.

  1. Sirup Tjampolay

Siapa yang tidak mengenal sirup tjampolay. Sirup legendaris yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1936 yang sudah banyak menjadi pilihan dari pedagang kaki lima hingga hotel. Biasanya sirup tjampolay disajikan dengsn berbagai campuran es segar  dan juga dessert. Rasa yang tidak terlalu manis dan pas dimulut sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman.

0 Komentar