Berikut 6 Fakta Menarik Solo, Tempat Perhelatan Akbar Harlah PMII Ke 63 Akan Di Gelar!

Solo
Fakta menarik Solo. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

Pusaka-pusaka ini diusung oleh para abdi dalem yang mengenakan busana tradisional Jawi Jangkep.

Selain itu, dalam tradisi ini juga melibatkan kebo sakral yang hanya ada di Solo, yaitu Kebo Bule, yang dipercaya sebagai jelmaan Kyai Selamet.

Kebo Bule memiliki status yang dihormati di kalangan masyarakat Solo. Bahkan, ketika Kebo Bule mengeluarkan kotoran, orang-orang berebut untuk mendapatkan kotoran tersebut karena diyakini membawa berkah.

Baca Juga:Dilengkapi Fitur Keamanan! iPhone 12 Mini, Ponsel Ramah AnakHanya 1 Jutaan! Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite Miliki Fitur Menarik

Upacara Kirab Pusaka Satu Suro ini menempuh rute sekitar 3 km, dimulai dari Keraton, melintasi Alun-alun Utara, Gladak, Jl. Mayor Kusmanto, Jl. Kapten Mulyadi, Jl. Veteran, Jl. Yos Sudarso, Jl. Slamet Riyadi, Gladak, dan kembali ke Keraton.

Kirab Pusaka Satu Suro merupakan acara yang dianggap penting dalam rangkaian perayaan tahun baru Jawa.
Tradisi ini tidak hanya menunjukkan kekayaan budaya dan sejarah Kota Solo, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan leluhur dan pusaka yang diyakini memiliki kekuatan spiritual.

Dengan menggelar Kirab Pusaka Satu Suro, Keraton Solo dan Puro Mangkunegaran turut menjaga dan memperkuat identitas budaya Jawa di tengah perkembangan zaman.

Tradisi ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dan masyarakat yang tertarik untuk menyaksikan keunikan dan kekayaan budaya yang masih terjaga hingga saat ini di Kota Solo.

3. Terdapat Pasar Antik

Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pasar barang antik yang terkenal bernama Pasar Triwindu.

Pasar ini terletak di Jl. Diponegoro, Ngarsopuro, Banjarsari, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta.

Pasar Triwindu dikenal sebagai pasar barang antik yang sangat terkemuka. Di sini, Anda akan menemukan berbagai jenis barang antik yang menarik untuk dijadikan koleksi atau menghiasi rumah Anda.

Baca Juga:Akan Rilis Lebih Cepat! Berikut Bocoran Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S23 FE 2023Pertimbangkan Hal Ini! Berikut Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Realme C53 NFC Terbaru

Pasar ini menawarkan berbagai macam barang, seperti lampu kuno yang bisa digunakan untuk memberikan sentuhan vintage pada interior rumah Anda.

Selain itu, Anda juga akan menemukan lukisan wayang yang unik di atas kaca, ukiran kayu bergambar wayang yang dikenal sebagai Blawong, koper dengan gaya vintage, berbagai macam patung, telepon bekas peninggalan beberapa dekade yang lalu, bahkan poster iklan yang pernah populer pada masanya.

0 Komentar