4 Trik Efektif untuk Membuat Ruangan dalam Rumah Tetap Sejuk Tanpa Menggunakan AC

AC
Rumah sejuk tanpa AC. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

Selain menghasilkan oksigen, tanaman juga dapat membantu menjaga kelembapan udara di dalam ruangan.

Proses transpirasi yang terjadi pada daun tanaman mengeluarkan uap air ke udara, sehingga dapat meningkatkan kelembapan ruangan. Kelembapan yang seimbang dapat membuat suhu ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman.

Selain efek pendinginan dan peningkatan kelembapan, tanaman indoor juga memiliki kemampuan untuk menyaring udara.

Baca Juga:5 Rekomendasi Permainan PS2 yang Mengasyikkan untuk Dimainkan di Ponsel AndroidRahasia Bersinar: Panduan Lengkap Membersihkan Lensa Kamera Ponsel Dengan Mudah dan Aman

Mereka dapat menyerap sejumlah zat kimia dan polutan yang ada di udara, termasuk VOCs (volatile organic compounds) yang dapat berasal dari cat, furnitur, atau bahan kimia lainnya yang digunakan di dalam rumah.

Dengan menyerap racun-racun ini, tanaman dapat membantu menciptakan lingkungan rumah yang lebih sehat.

Pemilihan tanaman indoor yang tepat juga dapat mempengaruhi efek pendinginan dan penyerapan polutan yang dihasilkan.

Beberapa contoh tanaman yang sering digunakan dalam ruangan adalah pohon karet (Ficus elastica), lidah mertua (Sansevieria), pohon uang (Pachira aquatica), dan banyak lagi.

Tanaman-tanaman ini umumnya mudah dirawat dan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kualitas udara dan suhu di dalam rumah.

Dengan adanya tanaman indoor, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sejuk, sehat, dan nyaman di dalam rumah tanpa harus mengandalkan pendingin udara atau AC.

Memperindah rumah Anda dengan tanaman indoor juga memberikan manfaat tambahan yang baik bagi kesejahteraan dan kesehatan penghuninya.

Baca Juga:Sedia Payung Sebelum Hujan! 4 Minuman Penetralisir Setelah Konsumsi Daging SapiWOW! Makin Asik Main Game, Berikut Inspirasi Kamar Gaming yang Estetik

4. Letakkan Mangkok Berisi Air Dingin dibawah Kipas Angin

Jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli AC portable, Anda masih bisa menciptakan suasana dingin secara kreatif dengan menggunakan kipas angin dan mangkuk berisi air dingin.

Caranya cukup sederhana, cukup letakkan mangkuk berisi air dingin di depan kipas angin yang sedang menyala.

Prinsipnya adalah ketika angin dari kipas mengenai permukaan air dingin dalam mangkuk, itu akan menyebabkan penguapan yang dapat menghasilkan efek penyejukan di sekitarnya.

Proses penguapan ini dapat membantu menurunkan suhu udara di sekitar kipas angin, menciptakan suasana yang lebih sejuk dan nyaman.

Namun, perlu diingat bahwa efek penyejukan yang dihasilkan mungkin tidak sekuat AC portable. Oleh karena itu, jika suhu udara mulai tidak dingin, Anda dapat mengganti air dalam mangkuk dengan air dingin yang baru atau menambahkan beberapa es batu untuk menjaga suhu air tetap rendah.

0 Komentar