Menarik ! 10 Manfaat Buah Pisang Punya Segudang Kebaikan Untuk Kesehatan

Menarik ! 10 Manfaat Buah Pisang Punya Segudang Kebaikan Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pisang Punya Segudang Kebaikan Untuk Kesehatan. Foto: Pinterst - RAKCER.ID
0 Komentar

  1. Mendukung program diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba.

Makanan tinggi serat bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan Anda pun bisa berangsur-angsur turun.

Baca Juga:Menarik ! 10 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan Dan Kandungan NutrisinyaSehat Gak Harus Mahal ! 5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisinya

  1. Menurunkan risiko kanker usus besar

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh Anda pun akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

  1. Memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak

Pisang kaya akan kalium, mineral yang penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak bisa lebih lancar dengan mengonsumsi pisang. Belum lagi, kalium pada pisang yang turut mengurangi risiko stroke dan hipertensi.

  1. Memenuhi kebutuhan zat besi dan mengatasi anemia

Buah satu ini adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Mineral tersebut dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehat. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan kondisi kurang darah alias anemia.

Bila Anda memiliki kondisi tersebut, cobalah konsumsi pisang secara rutin guna mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein dalam darah yang mengandung zat besi.

  1. Melengkapi asupan magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Mineral tersebut diperlukan untuk membentuk protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, memproduksi energi, serta mengendalikan kadar gula dan tekanan darah.

Kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual dan muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung. Nah, mengonsumsi pisang dapat membantu mencegah risiko masalah-masalah tersebut.

0 Komentar