Fakta Menarik ! 10 Buah Penurun Kolestrol Usai Makan Daging Saat Idul Adha

Fakta Menarik ! 10 Buah Penurun Kolestrol Usai Makan Daging Saat Idul Adha
Buah Penurun Kolestrol Usai Makan Daging Saat Idul Adha. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin dan antioksidan lain yang mampu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Jeruk

Jeruk termasuk salah satu buah penurun kolesterol yang kaya akan serat larut air sehingga bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.

Buah sitrus ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Baca Juga:Laku Keras ! TECNO Pova 5G Spek Tinggi Cocok Untuk Segala Kebutuhan Segini HarganyaJangan Panik ! 5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi Terjadi

Tingginya kadar vitamin C dalam buah jeruk juga membantu mencegah kelebihan kolesterol LDL sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

  1. Kiwi

Sebuah studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009) menemukan buah kiwi membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dalam tubuh.

Menurut penelitian tersebut, konsumsi dua buah kiwi setiap hari selama depan minggu membantu kontrol kolesterol dengan baik.

Di samping itu, buah penurun kolesterol ini juga bisa meningkatkan asupan zat gizi lain yang tubuh Anda butuhkan, seperti serat larut air, vitamin C, dan vitamin E.

  1. Tomat

Tomat, baik dalam bentuk segar, jus, maupun saus, memiliki kandungan senyawa tumbuhan bernama likopen. Senyawa ini membantu menurukan kadar LDL pada aliran darah.

Selain itu, kandungan serat dalam buah penurun kolesterol ini juga meningkatkan kemampuan HDL dalam tubuh untuk kebal terhadap proses oksidasi. Artinya, kolesterol baik ini tidak mudah hancur di dalam tubuh.

Anda dapat dengan mudah menambahkan potongan tomat segar atau saus tomat ke dalam menu masakan sehat untuk pengidap kolesterol tinggi.

Baca Juga:Jadi Favorit Saat Idul Adha, 5 Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan AnakBanyak Dikonsumsi Saat Idul Adha, 5 Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan Tinggi Protein

Di samping mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga perlu rutin minum obat kolesterol untuk mengontrol kadarnya dalam tubuh.

Penutup

Imbangi pula dengan gaya hidup sehat, seperti berolahraga, perbanyak makanan sehat, dan hindari makanan tinggi kolesterol seperti gorengan dan makanan cepat saji. Dengan begitu, kadar kolesterol bisa makin terkendali. (*)

0 Komentar