Mengenal Gochujang, Saus Cabai Khas Korea yang Terkenal Sejak Abad ke 16

Gochujang
Gochujang saus pedas khas korea foto : @gochujang-rakcer.id
0 Komentar

Sejarah Gochujang

Selama ratusan tahun, cabe merah Korea telah diproduksi di Korea dan digunakan untuk membuat bumbu gochujang yang dikonsumsi oleh orang Korea.

Sebelum ini didokumentasikan secara resmi, tanaman tersebut rupanya telah dikumpulkan selama ratusan tahun.

Meskipun Cina secara geografis berbatasan dengan Korea, gochujang unik di Korea karena tidak pernah menjadi bagian dari masakan Cina.

Baca Juga:Profil Lim Ji yeon, Kekasih Lee Do Hyun yang Lebih Tua 5 TahunAsal usul Patbingsu, Es Serut Korea yang jadi Primadona saat Musim Panas

Orang Cina yang tidak mengkonsumsi gochujang sangat menjunjung tinggi metode memasak Korea.

Generasi sebelumnya di Korea memiliki bakat kuliner yang luar biasa, menurut buku Catatan Tiga Kerajaan bab Dongyi.

Pengetahuan tentang pengalengan ini juga mencakup kimchi, Gochujang, dan Doenjang yang semuanya sudah lama menjadi favorit orang Korea.

Namun, Gochujang pertama kali disebutkan dalam teks Tionghoa dari akhir abad ke-9 yang disebut Sikui-simgam ketika Chojang masih ada.

Catatan mengungkapkan bahwa orang biasa merebus ayam dengan gochuang, doenjang, daun bawang, dan jahe untuk mendapatkan nutrisi dan menyiapkan makanan sehat.

Serupa dengan itu, ucapan ini juga dapat ditemukan dalam manuskrip dari abad ke-10 yang dikenal sebagai Sasi-chanyo.

Hyangak-jipsongbang, Euibangyuchi, dan Siknyo-chanyo adalah rekaman lain dari abad ke-15 yang merujuk pada gochujang di Korea.

Baca Juga:7  Dessert Korea Super Aesthetic, Nomor 5 Paling Diminati Idol KoreaSejarah Tteobokki, Kue Beras Pedas Khas Korea Selatan yang Sudah Ada Sejak Dinasti Joseon

Catatan ini menunjukkan bahwa Gochujang dicerna sebagai makanan ketika individu perlu lebih menjaga kesehatannya, seperti catatan tentang Gochujang yang ditemukan di arsip Tiongkok kuno.

Tidak ada catatan karena populasi umum tidak memiliki sarana untuk melacak apa yang dimakan orang biasa karena mereka mungkin telah mengonsumsi Gochujang sebagai makanan sejak usia muda.

Selain itu, dapat disimpulkan bahwa dokumen Gochujang tidak diperlukan karena tidak terlalu istimewa bagi mereka.

Manfaat Gochujang

  1. Menyehatkan sistem imun

Capsaicin adalah bahan aktif dalam cabai dan dikenal baik untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu membawa racun keluar dari tubuh.

  1. Menyehatkan usus

Kandungan bakteri probiotik dalam pemecahannya diketahui memicu sehatnya usus untuk meningkatkan kerja sistem pencernaan.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Food Preservation menemukan bahwa jenis gochujang tertentu dapat melindungi dari gejala kolitis.

0 Komentar