Sangat Penting ! Kenali Fungsi ECO Pada Motor Beat dan Gejala Kerusakannya

Sangat Penting ! Kenali Fungsi ECO Pada Motor Beat dan Gejala Kerusakannya
Kenali Fungsi ECO Pada Motor Beat. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Gejala Kerusakan pada ECO indikator

Gejala rusaknya ECO indikator pada motor BeAT ditandai dengan lampu yang menyala terus atau yang mati total ketika berkendara, atau lampu indikator berkedip-kedip sehingga keiritan berkendara menjadi tak akurat lagi.

Hal ini terjadi karena lampu sensor & komponen kelistrikan bermasalah. “Bila lampu ECO indikator rusak, kemungkinan ada 2 penyebabnya yaitu ada kerusakan di bagian sensor speed atau di bagian ECM (Engine Control Module)” jelas Ribut. Untuk perawatan fitur ECO indikator ini, perhatikan cara mengatur bukaan gas dan cara berkendara yang benar lainnya.

Perawatan Ampuh untuk Motor Beat

Rutin panaskan mesin sepeda motor di pagi hari atau ketika ingin digunakan

Baca Juga:Iritnya Kebangetan ! Vespa Excel 150 Pilihan Terbaik Untuk Menjadi Teman TouringMengulik Sejarah Vespa Super Yang Menjadi Legenda Disebut Buyutnya Vespa ?

Memanaskan mesin sepeda motor merupakan cara yang paling mudah dilakukan yang bertujuan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performa kendaraan akan menjadi lebih maksimal.

Adapun cara memanaskan motor beAT ini cukup dengan 5 hingga 10 menit saja dan sebaiknya menggunakan kick stater saja.

Rutin mengganti oli

Penggantian oli motor beAT secara rutin ini adalah perapwatan yang paling penting. Dimana penggantian oli biasanya wajib dilakukan setiap 1000 km serta untuk oli transmisi atau oli gardan diganti maksimal pada saat sepeda motor sudah mencapai 5000 km.

Jika anda lupa acuan kilometer untuk penggantian oli, maka sebaiknya lakukan perawatan ganti oli ini setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan jangan lupa untuk memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor matic anda.

Jangan sampai kehabisan bensin

Kebiasaan buruk yang sering terjadi dan sering disepelekan adalah menggunakan sepeda motor matic hingga kehabisan bensin sampai sampai berhenti ditengah jalan karena bensin habis.

Pasalnya hal ini dapat merusak mesin kendaraan tersebut. Apalagi pada motor matiiic injeksi. Maka dari itu, pastikan selalu bahwa sepeda motor matic anda jangan sampai menunjukan indikator E serta biasakan untuk mengisi bahan bakar full teng demi mengantisipasi hal ini.

Periksa kondisi vanbelt dan juga roler

Memeriksa kondisi vanbelt pda motor matic tak kalah pentingnya dan tidak boleh ditinggalkan.  Kondisi vanbelt yang berbahan karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan sehingga sepeda motor berhenti mendadak dan tidak bisa melaju lagi.

0 Komentar