Hal ini berkat adanya Honda Selectable Torque Control (HSTC), yakni sistem yang menawarkan tujuh tahap kontrol (mode) yang memungkinkan pengendara menonaktifkan ABS roda belakang dan mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.
Untuk tipe DCT memiliki 2 mode, Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara. Sedangkan Mode S memberikan tambahan performa sport.
Selain itu, ada juga ‘G Switch’ untuk fluktuasi lebih bertenaga pada putaran mesin rendah saat melewati medan off-road. Ketika fitur ini dimatikan, penyaluran tenaga akan menjadi lebih lembut.
Baca Juga:Baca Ini Sebelum Membeli Yamaha Aerox 155 VVA Apakah Masih Layak Dibeli ?Intip Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2024 Tampil Makin Boxy Yang Disebut Sebut Sebagai Baby Palisade ?
Beralih ke dapur pacunya, motor ini menggendong mesin parallel twin-cylinder 4-tak, SOHC berkapasitas 1.084 cc dengan pendingin cairan.
Berkat mesin tersebut, tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 100 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 105 Nm pada 6.000 rpm.
Untuk harga, AHM membanderol motor ini seharga Rp 559.900.000 untuk tipe manual dan Rp 599.900.000 untuk tipe DCT.
Pilihan warnanya adalah Tricolor, yakni kombinasi merah, putih, dan biru. Keseluruhan harga ini merupakan on the road Jakarta.
Spesifikasi lengkap Honda Africa Twin 2023:
- Dimensi (P X L X T): 2.330 mm x 960 mm x 1.560 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.575 mm
- Jarak terendah ke tanah: 210 mm
- Tinggi tempat duduk: 810 mm (low), 830 mm (high)
- Berat: 238 kg (M/T), 248 kg (DCT)
- Kapasitas Tangki Bensin: 24,8 liter
- Mesin: 4-Tak, 8-Valve, SOHC, Parallel Twin with 270° crank and uni-cam, Pendingin cairan
- Kapasitas: 1.084
- Diameter x Langkah: 92 x 81,5 mm
- Perbandingan Kompresi: 10,1: 1
- Daya Maksimum: 75 kW (100 dk) /7.500 rpm
- Torsi Maksimum: 105 Nm /6.000 rpm
- Sistem Bahan Bakar: PGM-FI
- Transmisi: Manual, 6-percepatan dan DCT, 6-Percepatan
- Tipe kopling: Wet multiplate with coil springs, Aluminium Cam Assist an Slipper Clutch
- Kapasitas oli: 3,9 liter (M/T), 4 liter (DCT)
- Starter: Elektrik
- Rangka: semi double cradle
- Suspensi Depan: Showa, 45 mm cartridge-type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and DF adjustment, 185 mm stroke
- Suspensi belakang: Showa, monoblock cast aluminum swing arm with pro-link with Showa gas-charged damper, hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjuster, 79,5 mm stroke
- Ban Depan: 90/90-21 M/C 54H (tube type)
- Ban Belakang: 150/70-18 M/C 70H (tube type)
- Rem Depan: Hydraulic, cakram ganda 310 mm dengan aluminium hub and radial fit 4-piston calipers and sintered metal pads
- Rem Belakang: Hydraulic, cakram tunggal 256 mm dengan 2-piston calipers and sintered metal pads
- ABS: 2-Channel with ABS off mode.