4 Rekomendasi Wisata di kawasan Gunung Merapi Yogyakarta

Yogyakarta
Museum sisa hartaku, salah ssatu wisata di kawasan Gunung Berapi Yogyakarta. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

Museum Sisa Hartaku Letusan Gunung Merapi

Tempat wisata kedua yang menarik untuk dikunjungi oleh Sweet Couple di dekat Gunung Merapi Jogja adalah Museum Sisa Hartaku.

Museum ini memiliki tujuan untuk mengenang pemukiman warga setempat yang mengalami kehancuran akibat letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Terletak di Jalan Petung Merapi, Petung,

Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583, museum ini menawarkan pengalaman yang penuh makna dan mengharukan.

Baca Juga:Pantai Parangkusumo Yogyakarta, Pesona Wisata Pantai yang Klasik dan Penuh MisteriPantai Bugel Yogyakarta: Surga Tersembunyi di Pantai Selatan Jawa

Kunjungan ke Museum Sisa Hartaku akan memungkinkan Sweet Couple untuk melihat berbagai barang peninggalan milik warga setempat yang ditinggalkan saat Gunung Merapi meletus dahsyat pada tahun 2010.

Barang-barang tersebut mencakup sepeda motor, radio, televisi, sepeda, buku, dan berbagai perabot lainnya.

Barang-barang ini menjadi saksi bisu dari ketakutan dan kisah dramatis yang dialami oleh penduduk setempat saat letusan itu terjadi.

Museum Sisa Hartaku menjadi tempat yang mengharukan dan mengingatkan akan kekuatan alam yang mampu mengubah kehidupan manusia dalam sekejap.

Sambil mengunjungi museum ini, Sweet Couple dapat merenung dan menyadari pentingnya menghargai alam dan lingkungan serta menjaga keselamatan diri dalam menghadapi bencana alam.

Museum Sisa Hartaku beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Meskipun terbuka untuk umum, museum ini mengenakan tiket masuk dengan tarif sukarela.

Jaraknya sekitar 26,1 km dari Stasiun Tugu Yogyakarta, dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Baca Juga:Wisata Cuma Rp.5000! Nikmati Keindahan Golden Sunrise di Puncak Suroloyo YogyakartaDesa Wisata Tembi: Wisata Alam, Budaya, dan Edukasi yang Mengesankan di Yogyakarta

Kunjungan ke Museum Sisa Hartaku adalah pengalaman berharga bagi Sweet Couple yang ingin mendalami sejarah dan mengeksplorasi aspek lain dari Gunung Merapi Jogja.

Museum ini mengajarkan tentang rasa saling menghormati alam dan kekuatan yang tak terduga yang dapat mempengaruhi kehidupan kita secara mendalam.

Museum Ullen Sentalu

Berikutnya, tempat wisata yang dekat dengan Gunung Merapi Jogja adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini berlokasi tidak jauh dari Museum Gunung Merapi, tepatnya di kawasan Kaliurang yang terletak dekat dengan Gunung Merapi, sehingga udaranya sangat dingin dan sejuk.

Berbeda dengan beberapa lokasi wisata di sekitar Gunung Merapi yang bisa agak rawan cuaca, Museum Ullen Sentalu ini sangat cocok untuk dikunjungi saat musim hujan. Sehingga, Anda tak perlu khawatir saat berkunjung ke sini pada musim hujan.

0 Komentar