Serangan Gelombang Panas hingga 45 Derajat Celcius, Begini Upaya Wilayah Diseluruh Dunia Mengatasinya

Gelombang panas
Gelombang panas diseluruh dunia foto : @gelombangpanas-rakcer.id
0 Komentar

Upaya pendinginan ini juga diterapkan secara lebih luas di seluruh AS, mulai dari menghijaukan atap dan dinding, mengecat jalan dengan lapisan frosting, hingga membeli AC untuk penduduk yang rentan.

“Perencanaan untuk gelombang panas tidak dikembangkan dengan baik di AS seperti perencanaan untuk bahaya lain seperti banjir,” kata Sara Meerow, profesor geografi dan perencanaan kota Arizona State University.

“Saya pikir ini mulai berubah karena panas menjadi ancaman yang lebih terlihat dan universal.”

Baca Juga:Ancaman Gelombang Panas, Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan Terancam Bubar? : Begini PenjelasannyaMulai Rp 44 Juta hingga Rp 100 Juta Saja, Vespa Matic Piaggio Hadir dengan Tampilan Retro yang Menawan

Suhu yang tidak cukup dingin di malam hari sangat membuat stres akibat gelombang panas tahun ini, menyebabkan “lebih berbahaya daripada peristiwa panas biasa”, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Menurut penyelidikan Texas Tribune, rekor tertinggi di Texas telah tumbuh 510% sejak 1913, dengan sedikitnya 279 orang meninggal akibat penyakit terkait panas pada tahun lalu.

Para peneliti telah mengaitkan perubahan iklim dengan gelombang panas yang melanda Texas, Barat Daya AS, dan Meksiko.

Analisis cepat menemukan bahwa perubahan iklim membuat gelombang panas setidaknya lima kali lebih mungkin dari biasanya.

Gelombang panas sangat berbahaya bagi penduduk kota karena fenomena yang dikenal sebagai efek “pulau panas perkotaan”.

Minimnya pepohonan, padatnya bangunan, serta material beton dan aspal yang menyerap sinar matahari membuat kota lebih cepat panas.

Di pulau panas perkotaan ini, suhu dapat meningkat enam hingga 11C dibandingkan dengan daerah berpenduduk jarang.

Baca Juga:Viral Pada Masanya!!! Kisah Gaby dijadikan Film Gaby dan Lagunya yang Tayang di ANTV : Begini SinopsisnyaTanpa SNSD dan EXO, SM Entertainment akan Gelar SMTOWN LIVE 2023 SMCU Palace Jakarta : Segini Harga Tiketnya

Tetapi kota-kota ini dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi penduduknya dari panas – dan banyak di Texas telah mengambil tindakan.

Austin, yang diperkirakan akan mengalami peningkatan harian 50% di atas 38 derajat Celcius pada akhir abad ini, telah menyusun rencana aksi ketahanan iklim pada tahun 2018, yang saat ini sedang direvisi oleh pejabat kota.

Langkah-langkah utama dalam strategi penguatan melibatkan tanggap darurat dan penyediaan fasilitas dan infrastruktur di masa mendatang.

Kota mengambil pendekatan bersama untuk memberikan bantuan perlindungan kepada kelompok rentan selama masa krisis, seperti menimbun kipas cadangan untuk digunakan selama keadaan darurat dan memastikan orang dapat mengakses gedung publik yang menggunakan AC.

0 Komentar