8 Macam Teknik Pergerakan Kamera dalam Pengambilan Gambar

8 Macam Teknik Pergerakan Kamera dalam Pengambilan Gambar
Teknik Pergerakan Kamera/Orang sedang pengambilan Gambar dengan alat batu pergerakan kamera/RAKCER.ID
0 Komentar

Agar pengambilan gambarnya tetap stabil, harus menggunakan alat bantu seperti tripod atau alat bantu lainnya.

Teknik tilting ini dapat digunakan untuk menggiring mata penonton pada aktivitas yang dilakukan oleh objek.

5. Pedestal (Ped)

Pedestal merupakan Teknik dengan Gerakan kamera pada atas pedestal yang digunakan dengan cara menaik turunkan.

Baca Juga:8 Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Salah Satunya Perubahan Secara Tiba-TibaPO Harapan Jaya Meluncurkan 2 Unit Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Pedestal up adalah istilah yang digunakan ketika menggerakan kamera dari bawah ke atas. Sedangkan pedestal down merupakan istilah pergerakan kamera dari atas ke bawah.

Teknik ini biasanya digunakan untuk menampilkan gedung-gedung tinggi, seperti Gedung-gedung bersejarah yang dapat memperlihatkan pada penonton seluruh detail objek dari bawah sampai ke atas.

6. Arc

Teknik pergerakan kamera arc merupakan gerakan kamera memutar mengitari objek dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

7. Follow

Follow adalah pergerakan kamera mengikuti objek dapat menggunakan teknik pan, tilt, ped atau lainnya. Agar dapat menciptakan gambar yang dinamis menggunakan crane atau menggunakan handheld.

8. Crabing (Crab)

Crabing berarti gerakan kamera secara lateral atau menyamping, berjalan sejajar dengan menggunakan objek yang sedang berjalan.

Teknik ini hampir sama dengan teknik dolly, perbedaannya hanya ada pada arah Gerakan kamera saja. Jika dolly bergerak maju dan mundur, kalua crabbing bergerak ke kanan (crab right) ke kiri (crab left) atau sebaliknya.

Itulah beberapa Teknik pergerakan kamera yang biasa digunakan untuk membuat video film, cinematic dan lain sebagainya. Semoga dapat bermanfaat. (*)

0 Komentar