Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya

Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya
Mengenal Nama Sembilan Wali Songo. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON,RAKCER.ID – Mengenal Nama Sembilan Wali Songo yang wajib kamu ketahui karena merekalah Agama Islam bisa tersebar luas di indonesia.

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa pada abad ke-15. Mereka adalah para wali atau ulama yang memainkan peran penting dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa pada masa tersebut.

Walisongo terdiri dari sembilan orang atau sembilan wali. Sebutan walisongo ditujukan pada mereka antara lain adalah Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Sunan Drajad, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati.

Baca Juga:Review Lengkap Laptop Ultra Portabel ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)Cek Spesifikasi Ban Pirelli Diablo Superbike Moto2 dan Moto3, Apakah Layak Dibeli ?

Untuk mengenal lebih dalam para wali yang termasuk dalam Walisongo, berikut profil singkat mereka seperti yang telah dirangkum oleh Rakcer.id dari berbagai sumber.

Simak Informasi Lengkap Tentang Mengenal Nama Sembilan Wali Songo

Sunan Gresik atau Syaikh Maulana Malik Ibrahim

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Gresik.

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim. Syaikh Maulana Malik Ibrahim adalah keturunan Ali Zainal Abidin cicit Nabi Muhammad SAW.

Sunan Gresik bermukim di Gresik untuk menyiarkan ajaran Islam hingga akhir hayatnya pada tanggal 12 Rabiul awwal 822 H, bertepatan dengan 8 April 1419 M dan dimakamkan di desa Gapura kota Gresik.

Ada perbedaan pendapat terkait asal usul Syekh Maulana Malik Ibrahim, ada pendapat berasal dari Turki dan ada pendapat lain menyatakan berasal dari Kashan sebuah tempat di Persia (Iran) sebagaimana tercatat pada prasasti makamnya.

Ia adalah seorang ahli tata negara yang menjadi penasehat raja, guru para pangeran, dan juga dermawan terhadap fakir miskin.

Baca Juga:5 Cara Membuat Brownies Kukus, Enak, Simpel, Cocok Untuk Dijadikan UsahaLink Nonton One Piece Live Action, Apakah Sesuai Ekspektasi Para Nakama?

Makamnya banyak diziarahi masyarakat hingga sekarang. Sunan Gresik dianggap sebagai penyiar Islam pertama di tanah Jawa, sehingga dianggap sebagai Ayah dari Walisongo.

Sunan Ampel atau Raden Rahmat

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Ampel.

Sunan Ampel atau Raden Rahmat adalah putra cucu Raja Champa, ayahnya bernama Ibrahim As-Samarkandi yang menikah dengan Puteri Raja Champa yang bernama Dewi Candra Wulan.

0 Komentar