Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya

Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya
Mengenal Nama Sembilan Wali Songo. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Raden Rahmat ke tanah Jawa langsung ke Majapahit, karena bibinya Dewi Dwara Wati diperistri Raja Brawijaya.

Raden Rahmat berhenti di Tuban dan di tempat itu beliau berkenalan dengan dua tokoh masyarakat yaitu Ki Wiryo Sarojo dan Ki Bang Kuning, yang keduanya kemudian masuk Islam beserta keluarganya.

Dengan masuk Islamnya Ki Wiryo Sarojo dan Ki Bang Kuning, usaha Sunan Ampel semakin mudah dalam mendekati masyarakat dan melakukan dakwah Islam, sedikit demi sedikit mengajarkan Ketauhidan dan Ibadah.

Baca Juga:Review Lengkap Laptop Ultra Portabel ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)Cek Spesifikasi Ban Pirelli Diablo Superbike Moto2 dan Moto3, Apakah Layak Dibeli ?

Sunan Ampel wafat pada tahun 1406 M. Beliau dimakamkan di Kompleks Masjid Ampel, Surabaya. Sampai sekarang makam beliau banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di seluruh pelosok Indonesia.

Sunan Bonang atau Makhdum Ibrahim

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Bonang.

Sunan Bonang atau Makhdum Ibrahim merupakan putra Sunan Ampel dari istri yang bernama Dewi Candrawati. Sunan Bonang dikenal sebagai ahli Ilmu Kalam dan Ilmu Tauhid.

Maulana Makhdum Ibrahim banyak belajar di Pasai, kemudian sekembalinya dari Pasai, Maulana Makhdum Ibrahim mendirikan pesantren di daerah Tuban.

Dalam menjalankan kegiatan dakwahnya Maulana Makhdum Ibrahim mempunyai keunikan dengan cara mengubah nama-nama dewa dengan nama-nama malaikat sebagaimana yang dikenal dalam Islam.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya persuasif terhadap penganut ajaran Hindu dan Budha yang telah lama dipeluk sebelumnya.

Santri yang belajar pada pesantren Maulana Makhdum Ibrahim, berasal dari seluruh penjuru daerah di tanah air. Sunan Bonang meninggal pada tahun 1525 dan dimakamkan di Tuban, daerah pesisir utara Jawa yang menjadi basis perjuangan dakwahnya.

Sunan Kalijaga atau Raden Syahid

Baca Juga:5 Cara Membuat Brownies Kukus, Enak, Simpel, Cocok Untuk Dijadikan UsahaLink Nonton One Piece Live Action, Apakah Sesuai Ekspektasi Para Nakama?

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga mempunyai nama kecil Raden Sahid, beliau juga dijuluki Syekh Malaya. Ayahnya bernama Raden Sahur Tumenggung Wilwatikta keturunan Ranggalawe yang sudah Islam dan menjadi bupati Tuban, sedangkan ibunya bernama Dewi Nawangrum.

Sunan Kalijaga meninggal pada pertengahan abad XV dan makamnya ada di desa Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

0 Komentar