Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya

Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya
Mengenal Nama Sembilan Wali Songo. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Sunan Giri atau Raden ‘Ainul Yaqin

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Giri.

Sunan Giri atau Raden ’Ainul Yaqin merupakan putra dari Syekh Maulana Ishaq (murid Sunan Ampel). Sunan Giri yang dikenal juga dengan nama Raden Paku, menimba ilmu di Pesantren Ampel Denta (Surabaya) milik Sunan Ampel.

Ketika hendak melaksanakan ibadah haji bersama Sunan Bonang, keduanya menyempatkan singgah di Pasai untuk memperdalam ilmu keimanan dan tasawuf.

Baca Juga:Review Lengkap Laptop Ultra Portabel ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)Cek Spesifikasi Ban Pirelli Diablo Superbike Moto2 dan Moto3, Apakah Layak Dibeli ?

Pada sebuah kisah diceritakan bahwa Raden Paku mencapai tingkatan ilmu laduni. Dengan prestasi tersebut Raden Paku dikenal juga dengan panggilan Raden ‘Ainul Yaqin. Sunan Giri meninggal sekitar awal abad ke-16, makam beliau ada di Bukit Giri, Gresik.

Sunan Drajad atau Raden Qasim

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Drajad.

Sunan Drajad atau Raden Qasim berdakwah di daerah Drajad kecamatan Paciran Lamongan. Ia merupakan putra Sunan Ampel dari istri kedua yang bernama Dewi Candrawati, dan bersaudara dengan Raden Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang).

Sunan Drajad ia juga mempunyai dua orang saudara seayah lain ibu, yaitu Dewi Murtasiyah (istri R. Fatah) dan Dewi Murtasimah (istri Sunan Giri). Sementara itu, istri Sunan Drajad adalah Dewi Shofiyah putri dari Sunan Gunung Jati.

Sunan Kudus atau Raden Ja’far Shadiq

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Kudus.

Sunan Kudus, yang juga dikenal sebagai Ja’far Sadiq atau Raden Undung. Ja’far Sadiq (Sunan Kudus) merupakan putra Raden Usman Haji yang menyebarkan agama Islam di daerah Jipang Panolan, Blora, Jawa Tengah.

Sunan Kudus juga dikenal dengan julukan wali al-ilmi, karena sangat menguasai ilmu-ilmu agama, terutama tafsir, fikih, usul fikih, tauhid, hadits, serta logika.

Baca Juga:5 Cara Membuat Brownies Kukus, Enak, Simpel, Cocok Untuk Dijadikan UsahaLink Nonton One Piece Live Action, Apakah Sesuai Ekspektasi Para Nakama?

Sunan Kudus juga dipercaya sebagai panglima perang Kesultanan Demak. Ia mendapat kepercayaan untuk mengendalikan pemerintahan di daerah Kudus, sehingga ia menjadi pemimpin pemerintahan (Bupati) sekaligus pemimpin agama.

0 Komentar