Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya

Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil Singkatnya
Mengenal Nama Sembilan Wali Songo. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Sunan Kudus meninggal di Kudus pada tahun 1550, makamnya berada di dalam kompleks Masjid Menara Kudus.

Sunan Muria atau Raden Umar Said

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Muria.

Sunan Muria adalah putra Sunan Kalijaga dengan Dewi Saroh. Nama aslinya adalah Raden Umar Said, dan dikenal sebagai Sunan Muria karena pusat dakwah dan bermukim beliau di Bukit Muria.

Baca Juga:Review Lengkap Laptop Ultra Portabel ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)Cek Spesifikasi Ban Pirelli Diablo Superbike Moto2 dan Moto3, Apakah Layak Dibeli ?

Dalam sejarah tidak diketahui secara persis tahun meninggalnya dan menurut perkiraan, Sunan Muria meninggal pada abad ke-16 dan dimakamkan di Bukit Muria, Kudus.

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah

Sebutan Walisongo ditujukan pada sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa, salah satunya adalah Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati memiliki nama asli Syarif Hidayatullah. Beliau banyak memberikan kontribusi dalam menyebarkan agama Islam di daerah Jawa Barat. Syarif Hidayatullah dikenal sebagai pendiri Kesultanan Cirebon dan Banten.

Sunan Gunung Jati berasal dari Pasai. Setelah kembali dari Tanah Suci pada tahun 1524, Ia lalu langsung menuju Demak dan beristri adik Sultan Trenggana.

Atas dukungan dari Sultan Trenggana, beliau berangkat ke Banten untuk mendirikan sebuah pemukiman muslim. Kemudian dari Banten, Nurullah melebarkan pengaruhnya ke daerah Sunda Kelapa.

Sunan Gunung Jati wafat di Cirebon pada tahun 1570 dan usianya diperkirakan sekitar 80 tahun. Makamnya terdapat di kompleks pemakaman Wukir Sapta Pangga di Gunung Jati, Desa Astana Cirebon, Jawa Barat.

Itulah tadi informasi lengkap tentang Mengenal Nama Sembilan Wali Songo semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. (*)

 

0 Komentar