Profil Lengkap Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang

Profil Lengkap Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang
Profil Lengkap Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON,RAKCER.IDSunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang, Sunan Giri merupakan salah satu tokoh yang termasuk dalam bagian Walisongo yang merupakan tokoh-tokoh yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Sunan Giri merupakan sunan yang mendirikan kerajaan Giri Kedaton yang berkedudukan di Gresik, Jawa Timur.

Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang pengaruhnya tiba di luar pulau Jawa misalnya di Madura, Lombok, Kalimantan bahkan tiba ke Maluku.

Baca Juga:Link Download Pamflet Ziarah Wali Songo HD, Untuk Kamu Yang Cinta Sejarah Islam di IndonesiaLink Download Wallpaper Wali Songo HD Bagi Kamu Yang Cinta Sejarah Biar Tambah Berkah

Simak Informasi Sejarah Tentang Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang

Sunan Giri merupakan salah satu tokoh yang termasuk dalam bagian Walisongo yang merupakan tokoh-tokoh yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Sunan Giri merupakan sunan yang mendirikan kerajaan Giri Kedaton yang berkedudukan di Gresik, Jawa Timur.

Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang pengaruhnya sampai di luar pulau Jawa misalnya di Madura, Lombok, Kalimantan bahkan sampai ke Maluku.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai profil Sunan Giri merupakan saudara kandung Sunan Bonang.

Profil Sunan Giri

Sunan Giri adalah saudara kandung Sunan Bonang dan memiliki nama asli Raden Paku, Prabu Satmata, atau Sultan Abdul Faqih, Raden Ainul Yaqin dan Joko Samudra.

Dikutip dari buku Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas XII karya Imam Subchi, (2016) nama Raden Paku diberikan oleh Raden Rahmat atau Sunan Ampel sesuai dengan pesan sang ayah sebelum meninggalkan Jawa Timur.
Sunan Giri lahir di Blambangan Jawa Timur pada tahun 1443 M. Beliau adalah putra dari Maulana Ishak dan ibunya bernama Dewi Sekardadu putra Menak Samboja.

Masa kecil Sunan Giri di bawah asuhan ibu angkatnya yaitu Nyi Ageng Pinatih saudagar kaya dari Gresik.
Pada umur 12 tahun, ibu angkatnya membawa Sunan Giri ke pesantren Ampel Denta.

Baca Juga:Mengenal Nama Sembilan Wali Songo, Ini Profil SingkatnyaReview Lengkap Laptop Ultra Portabel ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Di Ampel, beliau menjadi murid kesayangan Sunan Ampel bersama Sunan Bonang, yang tak lain adalah putra Sunan Ampel sendiri.

Beberapa ilmu yang dipelajari Sunan Giri di Ampel adalah fikih, tafsir, hadits, dan nahwu-sharaf. Beliau termasuk santri yang cerdas, taat kepada sang guru, dan mudah bergaul.

0 Komentar