Profil Lengkap Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang

Profil Lengkap Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang
Profil Lengkap Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Atas dasar inilah, Sunan Ampel mengawinkan putrinya bernama Dewi Murtasiyah, adik Sunan Bonang.

Tidak cukup belajar di pesantren Ampel, atas anjuran Sunan Ampel, Sunan Giri dan Sunan Bonang diminta pergi ke Mekah, dan mampir ke salah satu pesantren di Pasai untuk belajar ilmu agama pada Maulana Ishaq, ayah Sunan Giri sendiri. Setelah belajar di Pasai, kedua Sunan minta izin ke Maulana Ishak untuk pergi ke Mekah.

Maulana Ishak malah minta keduz untuk kembali ke Jawa Timur guna menyebarkan agama Islam. Keduanya pun mentaati nasehat Maulana Ishak.

Baca Juga:Link Download Pamflet Ziarah Wali Songo HD, Untuk Kamu Yang Cinta Sejarah Islam di IndonesiaLink Download Wallpaper Wali Songo HD Bagi Kamu Yang Cinta Sejarah Biar Tambah Berkah

Sunan Giri sendiri dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa menjadi salah satu tokoh yang berperan penting dalam lahirnya beberapa kerajaan Islam di Jawa misalnya Kerajaan Demak, Kerajaan Pajang, dan Kerajaan Mataram.

Tidak hanya di Jawa bahkan pengaruh dari Sunan Giri mencapai luar Jawa seperti Makassar, Hitu, dan Ternate. Salah satu bukti nyata dari pengaruh dari Sunan Giri terdapat dalam naskah sejarah Through Account of Ambon serta berita orang Portugis dan Belanda di Kepulauan Maluku, di mana dalam naskah tersebut kedudukan Sunan Giri disamakan dengan Paus bagi umat Katolik Roma, atau Khilafah bagi umat Islam.

Demikian adalah pembahasan mengenai profil Sunan Giri yang merupakan saudara Kandung Sunan Bonang dan berperan dalam beberapa pendirian Kerajaan di Jawa Tengah serta penyebaran agama Islam.

Itulah tadi Informasi Sejarah Tentang Sunan Giri Merupakan Saudara Kandung Sunan Bonang semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. (*)

0 Komentar