Siapakah Wali Songo yang Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian? Yuk, Cari Tahu Jawabannya Disini!

Siapakah Wali Songo yang Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian? Yuk, Cari Tahu Jawabannya Disini!
Perjalanan Sunan Kalijaga sebagai wali Songo yang dikenal aktif berdakwah dengan pendekatan seni budaya terdokumentasi dalam sejarah. Ia terkenal dengan kepiawaiannya menampilkan pertunjukan wayang kulit dan dalang. FOTO:@PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Dalam artikel ini akan memberi tahu jawaban mengenai siapakan wali songo yang aktif berdakwah melalui saluran kesenian. Temukan jawabanya disini!

Wali Songo adalah sembilan ulama yang dikenal sebagai penyebar Islam di Jawa pada abad ke-15 dan ke-16. Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang merupakan dua Wali Songo kondang yang terlibat dalam dakwah melalui wadah kesenian.

Banyak sumber yang menyatakan bahwa Sunan Kalijaga lebih dikenal berdakwah melalui seni dibandingkan Sunan Bonang.

Baca Juga:Inilah Tokoh Wali Songo yang Menggunakan Wayang Saat BerdakwahSyair Lagu Sholawat Wali Songo Bahasa Jawa

Sunan Kalijaga berdakwah melalui seni dan budaya, seperti seni lukis wayang, gamelan, tari, dan nyanyian.

Beliau merupakan seorang wali songo yang dikenal aktif berdakwah melalui jalur seni, seperti merangkai pesan-pesan Islam ke dalam cerita wayang serta menciptakan tarian dan musik gamelan yang mencerminkan keindahan dan keselarasan ajaran Islam.

Wali Songo yang Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian

Sosok Sunan Kalijaga atau Raden Mas Syahid

Sunan Kalijaga (Raden Sahur Tumenggung Wilatikta (Raden Mas Syahid) adalah seorang wali Songo yang dikenal aktif berdakwah melalui media-media kreatif.

Di Jawa dikenal dengan nama Ki Dalang Sida Brangti, Ki Dalang Bengkok, Ki Dalang Kumendung, dan Ki Unehan.

Nama lain Sunan Kalijaga dalam buku Mengenal Wali Songo (2013) karya Hetti Restianti adalah Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman.

Perjalanan Sunan Kalijaga sebagai wali Songo yang dikenal aktif berdakwah dengan pendekatan seni budaya terdokumentasi dalam sejarah. Ia terkenal dengan kepiawaiannya menampilkan pertunjukan wayang kulit dan dalang.

Menurut buku Atlas Wali Songo (2016) karya Agus Sunyoto, wali songo yang dikenal gencar berdakwah melalui jalur kreatif seperti Sunan Kalijaga memulai dakwahnya di Cirebon, Desa Kalijaga. Raden Mas Syahid, seorang jagoan pertunjukan wayang, tidak memungut biaya dari penontonnya.

Baca Juga:Inilah 3 Daerah Penyebaran Dakwah Wali Songo di Jawa TengahSejarah Serta Kisah Singkat Wali Songo

Cara Berdakwah Sunan Kalijaga Melalui Kesenian

Lakon wayang Sunan Kalijaga hanya perlu mengucapkan Kalimosodo atau dua kata syahadat. Ini adalah dakwah yang dilakukan melalui sarana artistik.

Alhasil, penonton pertunjukan wayang Wali Songo yang aktif berdakwah melalui saluran seni ini akan langsung berpindah agama atau memeluk Islam. Sunan Kalijaga secara bertahap memperkenalkan hukum Islam.

0 Komentar