Siapakah Wali Songo yang Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian? Yuk, Cari Tahu Jawabannya Disini!

Siapakah Wali Songo yang Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian? Yuk, Cari Tahu Jawabannya Disini!
Perjalanan Sunan Kalijaga sebagai wali Songo yang dikenal aktif berdakwah dengan pendekatan seni budaya terdokumentasi dalam sejarah. Ia terkenal dengan kepiawaiannya menampilkan pertunjukan wayang kulit dan dalang. FOTO:@PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

Wali Songo yang berdakwah melalui jalur seni dianggap berhasil karena seni sedang populer pada saat itu.

Sunan Kalijaga memanfaatkan kegemaran masyarakat terhadap seni dalam buku Seni Sebagai Media Dakwah Sunan Kalijaga karya Widhi Salikha.

Orang Jawa yang sudah mengucapkan syahadat selanjutnya diajarkan hukum Islam. Wali Songo yang berdakwah melalui media kreatif ini melakukannya dengan mensubstitusi cerita Islami dengan legenda Hindu dalam pertunjukan wayang kulit.

Baca Juga:Inilah Tokoh Wali Songo yang Menggunakan Wayang Saat BerdakwahSyair Lagu Sholawat Wali Songo Bahasa Jawa

Seni wayang kulit yang awalnya memuat legenda Hindu karya Sunan Kalijaga digantikan dengan cerita yang membawa ajaran Islam dalam buku Intisari SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) (2020) karya Siti Wahidoh.

Sunan Kalijaga tidak hanya terlibat dalam dakwah wayang hingga Islam berasimilasi sepenuhnya dengan masyarakat Jawa. Keberhasilan Wali Songo sebagai dakwah aktif melalui jalur kreatif dibantu oleh gamelan, tari, dan nyanyian.

Itulah wali songo yang aktif berdakwah melalui saluran kesenian.(*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar