3 Lokasi Makam Wali Songo di Jawa Tengah untuk Wisata Ziarah

3 Lokasi Makam Wali Songo di Jawa Tengah untuk Wisata Ziarah
3 Lokasi Makam Wali Songo di Jawa Tengah untuk Wisata Ziarah. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

  • Alamat: Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka: Setiap hari pukul 05.30-21.00

2. Makam Sunan Kudus, Kudus

Sesuai namanya, makam Sunan Kudus berlokasi di Kudus tepatnya di Masjid Menara Kudus. Sunan Kudus memiliki nama asli Ja’far Shadiq serta diberi gelar Wali Al-ilmi dengan arti orang yang berilmu luas.

Selain menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah, Sunan Kudus juga pernah menjadi panglima perang Kerajaan Demak. Dari silsilahnya, Sunan Kudus merupakan putra dari Sunan Ngudung (saudara kandung Sunan Ampel).

Baca Juga:Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya7 Kata Kata Bijak Sunan Drajat Supaya Hidup Sukses dan Berkah

Sama seperti wali songo lainnya, Sunan Kudus menyebarkan agama Islam melalui pendekatan seni.

Letak makam Sunan Kudus tepat berada di tengah bagian induk bangunan yang berbentuk joglo. Tepatnya di belakang bangunan utama Masjid Menara Kudus.

Kamu bisa masuk melalui pintu dengan gapura, kemudian belok kanan ke arah makam Sunan Kudus. Walaupun makam ditutup kelambu, kamu masih bisa berziarah serta mengambil beberapa foto di sekitarnya. Adapun jam buka makam Sunan Kudus yaitu pukul 06.00-21.00.

  • Alamat: Gg. Kauman, Pejaten, Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka: Setiap hari pukul 06:00-21:00

3. Makam Sunan Kalijaga, Demak

Selain di Kudus, kamu bisa ziarah ke makam wali songo di Jawa Tengah lainnya yaitu makam Sunan Kalijaga di Demak. Sunan Kalijaga yang berasal dari Tuban ini memiliki kisah yang unik.

Dahulunya Sunan Kalijaga yang bernama asli Raden Said ini dikenal sebagai pencuri. Namun setelah bertemu dengan Sunan Bonang dan menjadi muridnya, Sunan Kalijaga mulai menyebarkan agama Islam di Desa Kalijaga Cirebon, Pamanukan, hingga Indramayu.

Cara dakwah Sunan Kalijaga pun melalui pendekatan seni dan budaya seperti melalui nyanyian, gamelan, dan wayang.

Baca Juga:10 Petuah Jawa Sunan kali Jaga dan Artinya Penuh Makna Untuk KehidupanPeran Wali Songo dalam Penyebaran Islam di Nusantara

Lokasi makam Sunan Kalijaga berada di kompleks pemakaman Desa Ngadilangu. Tak susah untuk menemukannya karena makam ini dipagari oleh dinding lengkap dengan pintu gerbang makam.

Wisata religi makam Sunan Kalijaga diminati banyak wisatawan karena terdapat jadwal buka area cungkup makam sehingga bisa berdoa lebih dekat tanpa penyekat.

Untuk jadwalnya, area cungkup makam Sunan Kalijaga dibuka setiap Jumat dengan kalender Jawa tertentu, seperti pada pon, kliwon, dan pahing pukul 08.00-17.00. Makam Sunan Kalijaga juga buka saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

0 Komentar