Mau Lulus Kuliah Tepat Waktu? Begini 5 Cara Mudah Lulus Kuliah Tepat Waktu

Mau Lulus Kuliah Tepat Waktu? Begini 5 Cara Mudah Lulus Kuliah Tepat Waktu
Lulus kuliah tepat waktu merupakan sebuah impian bagi setiap mahasiswa karena telah berhasil menempuh pendidikannya sebagai seorang sarjana. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Lulus kuliah tepat waktu merupakan sebuah impian bagi setiap mahasiswa karena telah berhasil menempuh pendidikannya sebagai seorang sarjana. Selain bisa menghemat biaya kuliah lulus kuliah tepat waktu juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Namun dalam proses perjalanan seringkali muncul dari dalam diri kita rasa malas dan banyak aktivitas di organisasi sehingga jam perkuliahan menjadi terganggu. Karena itu kita butuh cara supaya bisa lulus kuliah tepat waktu.

Berikut 5 cara mudah lulus kuliah tepat waktu:

  1. Harus Ingat Dengan Kewajibannya

Jika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa kamu harus ingat akan kewajibanmu sebagai seorang mahasiswa  yaitu untuk belajar dan mengembangkan kemampuan akademikmu.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Pontianak Yang Lezat Dan Jarang Ditemui Dikota Lain!Cantik Dan Indah! 5 Tempat Wisata di Pontianak Yang Hits Dan Terpopuler

Seringkali mahasiswa mengabaikan akan kewajibannya dan lebih memilih berfokus dalam organisasi. Mengikuti kegiatan organisasi bukanlah hal yang salah tapi jika kita mengimbanginya dengan melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang mahasiswa tentu kita akan bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

  1. Bisa Memanag Waktu Dengan Baik

Memanag waktu seringkali menjadi penyebab masalah bagi mahasiswa karena harus membagi waktunya antara kuliah, organisasi maupun pekerjaan lainnya.

Jika kamu mempunyai masalah seperti ini kamu bisa membuat jadwal untuk belajar, berorganisasi, ataupun bekerja. Hal ini sangat penting dilakukan tujuannya agar kita selalu disiplin dan konsisten dengan kegiatan tersebut.

  1. Perhatikan Jumlah SKS

Jenjang S1 biasanya selesai sampai semester 8 dan mendapat SKS sekitar 144-150. Jumlah SKS ini tentu sudah di buat sedemikian rupa agar kamu bisa lulus tepat 4 tahun. Kamu bisa mengambil 24 SKS yang memiliki peluang lulus lebih cepat.

  1. Menentukan Topik Sebelum Semester Akhir

Untuk mahasiswa S1 tentu akan menghadapi tugas akhir atau biasa disebut Skripsi. Tak jarang jika skripsi dapat menghambat mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Salah satunya karena topik skripsi yang di tolak beberapa kali oleh dosen penguji.

Agar kamu bisa lulus kuliah tepat waktu kamu bisa menentukan topic skripsimu jauh-jauh hari bahkan kamu bisa memulainya saat KKN maupun PPL. Tapi pastikan jika topik penelitianmu itu sesuai demngan kemampuanmu dan minatmu.

0 Komentar