Inspirasi Model Rumah Adat Sunda yang Khas

Inspirasi Model Rumah Adat Sunda yang Khas
Tempat tinggal tradisional Sunda diklasifikasikan menurut fungsinya. Sedangkan bentuk pintu dan atapnya jelas membedakan masing-masing corak rumah adat Sunda. FOTO:PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Berikut beberapa inspirasi model rumah adat sunda yang khas bisa anda terapkan untuk membangun sebuah rumah tradisional.

Siapa yang masih percaya bahwa setiap suku di Indonesia hanya memiliki satu model hunian tradisional? Memang banyak suku-suku di Indonesia yang memiliki berbagai macam bentuk hunian tradisional yang kaya akan makna.

Salah satunya adalah suku Sunda yang memiliki lebih dari lima gaya hunian tradisional Sunda yang berbeda-beda!

Baca Juga:Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Minimalis yang EleganInspirasi Model Rumah Minimalis Modern yang Nyaman

Tempat tinggal tradisional Sunda diklasifikasikan menurut fungsinya. Sedangkan bentuk pintu dan atapnya jelas membedakan masing-masing corak rumah adat Sunda.

Apakah Anda tertarik dengan tempat tinggal tradisional suku di Jawa Barat ini? Yuk Kania mengajakmu berkeliling beberapa tipe rumah tradisional Sunda yang kaya akan sejarah! Karena bentuknya yang khas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan tipe rumah adat Sunda di bawah ini ke dalam konstruksi rumah Anda.

Berikut Inspirasi Model Rumah Adat Sunda yang Khas

1. Rumah Adat Sunda Jolopong

Jolopong merupakan rumah adat Sunda yang masih dapat ditemukan di desa-desa Jawa Barat, khususnya di daerah Garut.

Atap rumah adat Sunda Jolopong yang berbentuk pelana panjang menjadi ciri khasnya. Sebutan Jolopong diambil dari keanehan bangunan ini, yaitu menyisakan area teras tanpa perabotan. Jika ada pengunjung, penghuni rumah Jolopong akan menggelar tikar di area tersebut.

2. Rumah Adat Sunda Jubleg Nangkub

Karena desainnya, rumah adat Sunda ini sering disamakan dengan model rumah Parahu Kumureb. Perbedaannya terlihat pada bagian atapnya, karena rumah Jubleg Nankub khas Sunda memiliki atap yang lebih bertumpuk. Rumah adat Sunda ini masih dapat ditemukan di berbagai tempat di Sumedang.

3. Rumah Adat Sunda Kasepuhan

Rumah adat Sunda ini sangat cocok bagi individu yang ingin membangun rumah dengan desain unik. Rumah Kasepuhan khas Sunda berbentuk istana, dengan pintu masuk utama mirip dengan gerbang pura Bali. Atap rumah adat ini selalu ditopang oleh empat tiang.

4. Rumah Adat Sunda Parahu Kumureb

Nama rumah khas Sunda ini didapat dari desain atapnya yang menyerupai perahu terbalik. Rumah tradisional Sunda Parahu Kumureb memiliki dua gaya atap utama. Pada bagian depan dan belakang rumah, bentuk pertama menyerupai trapesium. Sedangkan bentuk ruangan pada sisi kanan dan kirinya menyerupai segitiga sama sisi.

0 Komentar