Baim Wong Kena Penipuan dari WhatsApp, Kalian Mesti Hati-Hati

baim wong
Baim Wong dan Paula Verhoeven. FOTO: twitter.com/catchmeupid/RAKCER.ID
0 Komentar

Dia menerima pesan WhatsApp dari seseorang yang mengklaim sebagai kurir paket dan mengirimkan file foto paket.

Ternyata, file tersebut adalah aplikasi untuk meretas ponsel. Baim menyadari kelalaiannya karena saat itu sedang menunggu paket, sehingga dia membuka pesan tersebut tanpa curiga.

“Baru-baru ini saya mengalami kejadian yang tidak mengenakan. Saya menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tidak saya kenal. Pengirim pesan mengaku sebagai kurir dan mengirimkan foto paket berupa file. Saya kebetulan sedang melakukan pembelian barang secara online, jadi saya hanya mengklik pesan tersebut untuk memastikan apakah itu terkait dengan pembelian saya,” ungkap Baim Wong dalam unggahan yang dilaporkan oleh Tribunnews.com pada Rabu (1/11/2023).

Baca Juga:PSS Sleman vs Bali United di BRI Liga 1 2023/2024: Mampukah PSS Sleman Menang di Maguwoharjo?Bournemouth Dianggap Lawan yang Mudah di Pertandingan Manchester City vs Bournemouth, Pekan ke-11 Premier League 2023/2024

“Saya tidak menyadari hal aneh saat membuka pesan tersebut. Hanya ada tampilan loading file selama beberapa saat. Namun, karena saya sedang sibuk, saya mengabaikannya dan melanjutkan kegiatan sehari-hari saya.”

Satu minggu kemudian, Baim Wong mendapat notifikasi mengenai beberapa transfer dana dari rekeningnya ke rekening bank lain yang tidak dikenal.

“Saya segera menghubungi pihak bank dan memutuskan untuk memblokir rekening tersebut,” tambahnya.

Baim merasa bahwa modus penipuan saat ini sangat berbahaya karena sudah semakin canggih dan berani mengatasnamakan lembaga resmi.

“Ini sangat mengkhawatirkan. Modusnya melibatkan penggunaan fitur pesan dengan file, dan ada juga yang mengirim notifikasi seperti promo dan kode OTP,” jelasnya.

“Bahkan ada yang mengaku sebagai instansi pemerintah dengan mengirim file surat tilang elektronik yang ternyata berisi malware, dan sudah ada korban yang rekeningnya terkuras hingga miliaran,” lanjut Baim.

Di akhir videonya, Baim mengingatkan semua orang untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan WhatsApp dan berpesan agar mereka yang menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal lebih berwaspada.

Baca Juga:Nasib Erik Ten Hag di Manchester United Bergantung pada Hasil Pertandingan Fulham vs Manchester United?Rebutan Tahta di Pertandingan Brentford vs West Ham pada Pekan ke-11 Premier League 2023/2024

“Saya ingin mengingatkan semuanya untuk berhati-hati saat menggunakan aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp. Banyak orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan tindakan peretasan dan penipuan,” tegasnya.

Temukan berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar