5 Fakta Unik Burung Murai Batu, Si Pengicau yang di Sukai Oleh Semua Orang

5 Fakta Unik Burung Murai Batu, Si Pengicau yang di Sukai Oleh Semua Orang
Burung murai adalah burung yang sangat disukai oleh para penghobi burung kicau dan juga burung ini memiliki fakta unik nya Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

  1. Bereproduksi pada musim hujan

Fakta unik burung murai batu ke 3 adalah bereproduksi pada musim hujan, Burung Murai Batu berkembang biak pada bulan Maret hingga Juni yang merupakan musim hujan.

Badan Perpustakaan Nasional melaporkan, burung Murai Batu biasanya membuat sangkarnya di lubang yang terdapat di pohon rendah atau semak.

Penting juga untuk diingat bahwa, meskipun sifatnya pemalu, Murai Batu adalah burung teritorial, terutama terhadap pejantan.

Baca Juga:5 Jenis Burung Hantu Di Lindungi, Karena Keberadaan nya Yang Sangat TerancamSuka Steak, 5 Menu Best Seller di Waroeng Steak, Cocok Bagi Kamu Pecinta Steak

Saat Murai Batu jantan hendak bereproduksi, ia akan berkicau untuk mengingatkan pejantan lain di dekatnya.

Selain itu, Murai Batu biasanya hanya menyimpan dua atau tiga butir telur di sarangnya. Telur-telur ini seringkali berwarna hijau cerah dengan bintik-bintik ungu tua dan coklat muda.

Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai musim hujan di Indonesia jika tertarik beternak burung ini.

  1. Mencari Makan di atas tanah

Fakta unik burung murai batu ke 4 yaitu mencari makan di atas tanah, Burung murai batu menyukai jurang yang teduh dan semak belukar, tempat ia mencari artropoda di tanah dan di tumbuhan bawah.

Ia juga memakan buah beri dan cacing. Serangga yang dikumpulkannya dari tanah atau semak belukar, antara lain semut, belalang, lipan, semut hitam, laba-laba, ulat, dan invertebrata kecil lainnya, juga dikonsumsi oleh murai batu.

Daging mentah dan kacang polong rebus merupakan satu-satunya makanan yang diberikan kepada burung Murai Batu yang dipelihara di penangkaran.

Dengan demikian, tidak perlu lagi mencari serangga di alam liar jika ingin memelihara burung ini.

Baca Juga:5 Menu Best Seller di Bittersweet By Najla, Dessert Imut Di Dalam BoxMenu Best Seller Di Gyu Kaku 2023, Menjadi Menu yang Paling Banyak Dipesan

  1. Klasifikasi burung murai

Fakta unik burung murai batu ke 5 yaitu ada klasifikasi burung murai batu, Burung pengicau kecil yang dikenal dengan nama Murai Batu (Copsychus malabaricus) terkenal dengan suaranya yang merdu.

Burung jenis ini merupakan salah satu spesies yang paling umum dikurung karena bentuknya yang ramping dan sebagian besar berwarna hitam. Sebagai vokalis dan burung sangkar, burung murai batu (Copsychus malabaricus) mendapatkan banyak popularitas.

Badan Perpustakaan Nasional menyebutkan, tes DNA telah memindahkan burung Murai Batu yang tadinya termasuk dalam keluarga Sariawan (Turdidae), menjadi keluarga Penangkap Lalat (Muscicapidae).

0 Komentar