6 Fakta Menarik Burung Shoebill, Terlihat Seperti Burung Purba

6 Fakta Menarik Burung Shoebill, Terlihat Seperti Burung Purba
Burung shoebill adalah burung bangau yang sangat besar dan juga memiliki paruh yang besar dan kuat Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

  1. Burung yang terancam punah

Fakta menarik burung shoebill ke 4 adalah burung yang terancam punah, Daftar Merah IUCN mengkategorikan burung shoebill ini sebagai burung yang rentan, artinya termasuk dalam kategori burung yang terancam punah.

Populasi hewan liar ini juga mengalami penurunan; menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, hanya ada sekitar 3300–5300 individu yang tersisa di alam liar, turun dari 5000–8000 pada tahun 2008.

Karena banyaknya pemburu, baik untuk diambil kulitnya atau ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan eksotik yang mahal, populasinya masih terus menurun.

Baca Juga:5 Hewan Endemik dari Negara Zambia, Ada Hewan Buas Juga Loh5 Ras Anjing Terbersih Cocok Untuk Peliharaan Di Rumah

Karena merupakan burung pemalu, ia memerlukan ruang yang cukup luas selama masa inkubasi.

Akibatnya manusia yang mendekati sarang akan mundur dari telur dan anaknya. Oleh karena itu, ada kemungkinan anakan beserta telurnya akan dimakan elang, ular, atau reptil.

  1. Memiliki paruh yang besar dan sangat kuat

Fakta menarik burung shoebill ke 5 adalah memiliki paruh yang sangat besar dan kuat, Paruh sepatu memiliki paruh yang besar dan kuat yang panjangnya bisa mencapai 24 cm dan tebal 20 cm.

Selain itu, terdapat bagian ujung yang tajam dan lancip yang dapat dengan cepat merobek dan memotong mangsanya sebelum ditelan utuh.

Sedangkan lungfish dan jenis ikan lainnya merupakan makanan pokok burung besar ini. Burung ini sering memangsa buaya kecil dan remaja selain ikan.

  1. Burung endemik dari afrika tengah dan timur

Fakta menarik burung shoebill ke 6 adalah burung endemik dari afrika tengah dan timur, Menjadi endemik di kawasan tropis Afrika bagian timur dan tengah, yaitu dari Sudan bagian selatan hingga Zambia, burung shoebill merupakan burung yang unik. Rawa dan dataran banjir air tawar di daerah tropis menjadi habitatnya.

Selain itu, burung ini lebih suka tinggal di tempat yang rerumputannya tinggi, termasuk papirus dan tumbuhan lainnya.

Baca Juga:5 Spesies Kelinci Paling Lucu, dan Bisa Bertahan Hidup Paling Lama5 Burung Endemik Pulau Cozumel, Ada Jenis Burung yang Sangat Cantik

Ia juga bukan burung yang bermigrasi, namun jika sumber makanannya berkurang karena termasuk spesies pemalu, ia akan berpindah ke dekatnya jika ada gangguan manusia.

Nah itu tadi pembahasan tentang 6 fakta menarik tentang burung shoebill semoga bisa menambah pengetahuan kamu.(*)

0 Komentar