5 Fakta Menarik Burung Dodo. Burung Asal Pulau Mauritius yang Tidak Bisa Terbang

5 Fakta Menarik Burung Dodo. Burung Asal Pulau Mauritius yang Tidak Bisa Terbang
Burung dodo adalah burung yang sudah punah Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta menarik burung dodo, Ketika berbicara tentang hewan yang punah, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Jura? Tanduk besar? Isthlacine? Salah satu jenis burung yaitu burung dodo sudah tidak ada lagi!

Burung ini berasal dari Mauritius, negara kepulauan kecil di sebelah timur Madagaskar, dan dikenal tidak bisa terbang.

Kapan burung dodo punah dan mengapa bisa punah? apakah Karena Ulah Manusia, Karena Penyakit atau karena seleksi alam nah bagi kamu yang masih penasaran berikut ini adalah artikel tentang : 5 Fakta menarik burung dodo.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Burung Auk Kecil, Si Kecil yang Mempunyai Nafsu Makan yang Besar5 Fakta Menarik Burung Auk Besar, Burung Besar yang Sudah Punah

  1. Kepunahan

Fakta menarik burung dodo pertama yaitu kepunahan, Sebelum kedatangan manusia di Mauritius, kehidupan dodo baik-baik saja.

Karena dodo secara alami tidak memiliki predator, hidup di pulau tropis ini aman bagi mereka. Dodo tidak dapat menyesuaikan diri karena mereka terbiasa hidup tanpa adanya predator, dan ketika manusia mulai menetap di Mauritius, mereka dengan cepat menjadi sasaran empuk.

Perburuan burung Dodo diperkenalkan ke pulau Mauritius pada tahun 1598 oleh para pelaut. Karena dodo mudah ditangkap dan tidak menunjukkan rasa takut terhadap manusia, mereka menjadi sasaran empuk.

Pembunuhan massal dilakukan oleh mereka hingga tahun 1662, ketika Dodo secara resmi dinyatakan punah.

  1. Diperkirakan punah pada tahun 1662

Fakta menarik burung dodo ke 2 adalah diperkirakan punah pada tahun 1662, Dokumen tertulis menunjukkan bahwa pelaut Belanda menyebut Dodo untuk pertama kalinya pada tahun 1598.

Habitat burung tersebut hancur pada tahun-tahun berikutnya, dan diburu oleh para pelaut dan spesies eksotik. Dodo terakhir kali diamati pada tahun 1662.

Tidak semua orang menyadari matinya Dodo; Bahkan, sebagian orang mengira itu adalah hewan mitos. Satu-satunya jaringan lunak Dodo yang bertahan hingga saat ini adalah tengkorak kering, yang menjadi dasar penelitian spesies tersebut pada abad ke-19.

Baca Juga:5 Burung Terbang Dengan Kecepatan Tinggi, Di DuniaRencana Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kuningan – Cirebon, Demi Kemajuan Ekonomi Daerah Namun Masih Terkendala Oleh Pembebasan Lahan dan Masih Ada PR Lain

Mengingat hal itu terjadi dalam waktu kurang dari satu abad, kepunahan Dodo masih belum pasti.

  1. Makanan Burung dodo

Fakta menarik burung dodo ke 3 adalah makanan burung dodo, Dodo merupakan penduduk Mauritius, negara kepulauan dengan lingkungan tropis.

Makanan yang mereka konsumsi bermacam-macam, antara lain buah-buahan yang jatuh dari pohon, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, dan akar-akaran.

0 Komentar