5 Hewan yang Bisa Menyamar Menjadi Hewan Lain, Sehingga Pemangsa Terkecoh

5 Hewan yang Bisa Menyamar Menjadi Hewan Lain, Sehingga Pemangsa Terkecoh
Gurita penyamar adalah jenis hewan yang bisa menyamar Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Hewan yang bisa menyamar menjadi hewan lain, Hewan selalu memiliki keterampilan bertahan hidup yang khusus. Di antara keahlian khususnya adalah kemampuan untuk menyamar sebagai hewan lain.

Banyak hewan yang terkenal mahir menyamar, baik untuk tujuan berburu maupun untuk menipu predator, Beberapa hewan mungkin meniru suara makhluk lain selain penampilannya.

Lalu hewan apa sajakah itu berikut ini adalah : 5 hewan yang bisa menyamar menjadi hewan lain.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Unta Liar, Unta Berpunuk 2 Menghuni Lokasi Uji Coba Nuklir8 Fakta Menakjubkan Unta, Hewan yang Bisa Beradaptasi di Lingkungan Ekstrem

  1. Ngengat elang

Hewan yang bisa menyamar menjadi hewan lain pertama ada ngengat elang, Ngengat dari keluarga Sphingidae disebut sebagai ngengat elang.

Mereka terkenal karena keahliannya dalam kamuflase, dan seluruhnya ada lebih dari 1.400 spesies. Bukan setelah sudah dewasa, melainkan saat masih berbentuk ulat atau larva.

Saat dalam bahaya, ulat ngengat elang bisa berubah menjadi ular. Mereka akan memperbesar bagian depan tubuhnya hingga menyerupai kepala untuk melakukan hal ini.

Setelah itu, mereka menghiasi tubuhnya dengan desain bernuansa kuning, putih, dan hitam menyerupai ular.

  1. Ngengat harimau

Hewan yang bisa menyamar ke 2 yaitu ngengat harimau, Untuk mengelabui predator, ngengat ini bahkan mungkin menyamar sebagai hewan lain.

Perbedaannya adalah mereka meniru suara, bukan penampilan. Ya, ngengat macan (keluarga Arctiidae) dapat menipu kelelawar agar tidak ingin melahapnya dengan menirukan suaranya.

Ngengat macan meniru suara yang dihasilkan oleh ngengat berbahaya lainnya, seperti Syntomeida epilais, atau ngengat tawon polkadot.

Baca Juga:5 Hewan Kecil yang Bermanfaat, Walaupun Dianggap Berbahaya Apabila Punah Akan Sangat Merugikan5 Jenis Hewan Pendendam, Selalu Berhati – Hati Karena Hewan Ini Akan Ingat Siapa yang Menyakitinya

Ngengat macan tidak berbahaya, tetapi ketika kelelawar mendengar suaranya, mereka tertipu dan menghindarinya.

  1. Kucing margay

Hewan yang bisa menyamar menjadi hewan lain ke 3 yaitu ada kucing margay, Margay, atau Leopardus wiedii, adalah sejenis kucing liar asli Amerika Selatan dan Tengah.

Mereka mengejar monyet dan burung saat berada di pepohonan. Namun gaya berburu mereka unik, cemerlang, dan mencengangkan.

Ternyata margay bisa meniru suara bayi monyet tamarin, sehingga menarik perhatian tamarin dewasa dan mendorong mereka untuk mendekat.

Margay kemudian akan menyergap untuk menangkap tamarin sebagai mangsa. Ada kemungkinan bahwa kucing besar seperti jaguar dan puma juga menggunakan taktik meniru suara mangsanya.

0 Komentar