Kapibara Adalah Hewan Penggerat Terbesar dan Sempat Menjadi Meme Masbro Berikut Ini Adalah Habitat, Makanan dan Ciri – Ciri nya

Kapibara Adalah
Kapibara adalah hewan pengerat terbesar di dunia Foto :by Dokumen RAKCER.ID
0 Komentar

Kapibara Makan Apa Saja

Kapibara adalah jenis hewan herbivore, Kapibara mengkonsumsi berbagai macam akar tanaman, rumput, kulit kayu, umbi-umbian, tebu, dan tumbuhan air. Karena tubuhnya tidak mampu menampung banyak lemak, kapibara harus makan banyak.

Kapibara sebenarnya tidak dapat bertahan hidup tanpa makanan untuk jangka waktu yang lama, dan mereka mungkin mati kelaparan jika tidak mendapatkan cukup makanan secara teratur.

Karena perutnya yang memiliki empat ruang, kapibara mampu dengan mudah mencerna tumbuhan keras yang sulit dikonsumsi manusia. Selain itu, banyak ruang di perut sangat efektif dalam menghilangkan nutrisi dari makanan.

Baca Juga:5 Fakta Unik Burung Bangau Hijau, Burung Bangau yang Mudah Beradaptasi6 Fakta Menarik Kalkun, Ayam Besar yang Bisa Berlari Dengan Cepat

Kapibara mengonsumsi tiga hingga empat persen berat badannya per hari dalam bentuk makanan. Kebiasaan kapibara memakan kotorannya sendiri merupakan detail yang menarik tentang makhluk ini.

Walaupun mungkin terlihat menjijikkan bagi banyak orang, perilaku ini sebenarnya cukup menguntungkan bagi kapibara. Mereka mengeluarkan banyak protein.

Meskipun kapibara memiliki perut yang dirancang khusus sehingga memungkinkan mereka mencerna sebagian besar rumput yang mereka konsumsi, banyak nutrisi yang masih perlu diperoleh dengan memakan kotorannya dan menyediakan makanan dari hari sebelumnya untuk pencernaan sekunder.

Ciri – ciri kapibara

Kapibara adalah hewan pengerat terbesar dan juga kapibara ini terlihat seperti marmot, Berat kapibara berkisar antara 35 hingga 65 kg untuk jantan dan 36 hingga 66 kg untuk betina. Walaupun perawakan kapibara sangat besar, namun biasanya ia bertubuh pendek dan gemuk. Tingginya 51 hingga 61 cm dari bahu, dan panjangnya 105 hingga 135 cm.

Mirip dengan hewan pengerat lainnya, kapibara harus menggerogoti dan mengunyah untuk menggunakan kedua gigi serinya, yang tumbuh sepanjang hidupnya.

Kulitnya kasar dan bulunya berminyak; warna bulunya bervariasi dari coklat hingga merah dan kombinasi keduanya.

Di seluruh tubuhnya, kapibara memiliki rambut pendek, hidung kecil, dan telinga pendek. Mata mungil hewan ini terletak di atas kepalanya.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Kelinci, Hewan Imut dan Lucu Bereproduksi Dengan Cepat5 Fakta Tentang Bebek, Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Bukan Sekedar Hewan Ternak Saja

Dengan hidung dan telinga. Selain itu, terdapat benjolan besar yang merupakan kelenjar aroma. Kapibara memiliki kaki pendek dengan selaput di jari kakinya, dan kaki depannya lebih panjang dibandingkan kaki belakangnya, Kaki depannya mempunyai empat jari, sedangkan kaki belakangnya mempunyai tiga jari.

0 Komentar