Kian Langka, Inilah 5 Manfaat Buah Kepudung untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kian Langka, Inilah 5 Manfaat Buah Kepudung untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Buah kepudung merupakan salah satu jenis buah asli Indonesia dan bentuknya menyerupai buah duku. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Buah kepudung merupakan salah satu jenis buah asli Indonesia dan bentuknya menyerupai buah duku. Buah ini bisa Anda temukan di Sumatera dan Jawa.

Buah yang disebut kepundung mempunyai bentuk yang khas dan kulit yang keras dan tebal. Warna kulit bisa berkisar dari hijau hingga coklat. Biji yang bisa dimakan tersembunyi di dalam dagingnya. Biasanya ditemukan di Asia Tenggara, buah ini banyak ditemukan tumbuh di pohon tropis.

Sayangnya buah kepundung ini sangat sulit ditemukan dan sangat langka. Buah bernama kepudung ini memiliki nutrisi yang baik di dalamnya.

Baca Juga:Manfaat Tanaman Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya bisa Menurunkan Berat BadanRahasia Wajah Putih Alami, Inilah Manfaat Buah Bengkuang untuk Wajah

Berikut adalah 5 manfaat buah kepudung untuk kesehatan tubuh:

  1. Menjadi sumber antioksidan yang baik

Daging buah kepudung kaya akan terpenoid, fenol, dan flavonoid. Ketiga komponen tersebut merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari bahaya akibat radikal bebas. Kanker dan penyakit jantung adalah dua di antaranya.

  1. Dapat mengatasi gangguan pencernaan

Kemampuan buah kepudung dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare menjadi keunggulan lainnya. Asam galat yang terdapat pada daging dan kulit buah kepudung memungkinkan diterimanya manfaat tersebut.

  1. Dapat mencegah anaemia

Mengkonsumsi cukup buah kepudung dalam makanan kamu dapat membantu melindungi kamu dari anemia, atau jumlah sel darah merah yang rendah. Buah kepudung diketahui membantu produksi sel darah merah sehingga memastikan tubuh memiliki pasokan sel darah merah yang cukup.

  1. Dapat mencegah timbulnya sariawan

Rajin mengonsumsi buah menteng dan sumber makanan kaya vitamin C lainnya karena dapat membantu mencegah munculnya berbagai penyakit, termasuk sariawan.

  1. Dapat menurunkan resiko kena kanker

Mengonsumsi buah kepudung dalam jumlah yang cukup bisa berpotensi menurunkan risiko penyakit kanker. Selain itu, menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi lainnya juga akan melindungi tubuh kamu dari penyakit mematikan tersebut.

Nah demikianlah informasi mengenai manfaat buah kepudung untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar