Mengenal Ciri Khas Rumah Bergaya Kebaya Asli di Jakarta yang Penuh Filosofi

Mengenal Ciri Khas Rumah Bergaya Kebaya Asli di Jakarta yang Penuh Filosofi
Ciri khas rumah bergaya kebaya memang terlihat lebih jelas dimana rumah tersebut sama dengan rumah adat lainnya yang mempunyai keunikan dari desain sampai bahan bangunan. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Ciri khas rumah bergaya kebaya memang terlihat lebih jelas dimana rumah tersebut sama dengan rumah adat lainnya yang mempunyai keunikan dari desain sampai bahan bangunan.

Salah satu ciri adat Betawi adalah adanya rumah kebaya. Rumah klasik ini unik dalam bentuk dan banyak detail menarik yang dipamerkan.

Mirip dengan bagaimana setiap daerah mempunyai rumah adatnya masing-masing, yang masing-masing mempunyai filosofi tersendiri. Begitu pula dengan rumah kebaya Betawi yang satu ini. Mungkin dulu masyarakat Betawi mendominasi rumah kebaya.

Baca Juga:Cara Memilih Dekorasi Ruang Belajar sesuai dengan Karakter RemajaInspirasi Dekorasi Tempat Belajar Anak yang Sederhana

Berikut adalah 5 ciri khas rumah bergaya kebaya:

  1. Atap menyerupai pelana

Atapnya menyerupai atap pelana yang terlipat. Itulah yang menjadi asal usul kenapa rumah tradisional ini bernama kebaya. Kebayanya juga terbuat dari kain tradisional Betawi. Kain kebaya masih banyak digunakan oleh masyarakat Betawi hingga saat ini. Khususnya pada saat upacara adat sedang dilaksanakan.

  1. Teras luas

Teras yang luas menjadi ciri lain rumah bergaya kebaya. Rumah tradisional ini biasanya menggunakan terasnya untuk menampung tamu. Bahkan menjadi tempat dimana seluruh keluarga bisa melepas penat. Filosofi teras ini mewakili keterbukaan mereka dalam menerima tamu.

  1. Pangkeng

Keberadaan ruangan-ruangan tertentu menjadi ciri lain rumah bergaya kebaya. Keluarga-keluarga di eks komunitas Betawi tidak berkumpul di rumah. Namun ada ruang keluarga tambahan di luar rumah. Nama ruangan ini adalah pangkeng.

  1. Srondoyan

Biasanya srondoyan menjadi ruang makan, kamar mandi, dan gudang yang ada pada satu ruangan. Namun jika kamu hanya sekedar tamu yang berkunjung, kamu dilarang memasuki ruangan srondoyan tersebut.

Jika ada keperluan kamu harus minta izin terlebih dahulu pada penghuni rumah karena biasanya hanya anggota keluarga saja yang di perbolehkan diruangan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai ciri khas rumah bergaya kebaya. Semoga bermanfaat. (*)

Simak berita dan artikel emnarik lainnya di Google News.

0 Komentar