Sangat Menggiurkan, 5 Makanan Khas NTT, Membuat Kamu Semakin Ketagihan

Sangat Menggiurkan, 5 Makanan Khas NTT, Membuat Kamu Semakin Ketagihan
Daging sapi sei asap adalah makanan khas NTT Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Makanan khas NTT, Bingung mau mencicipi apa saat berwisata kuliner mencicipi masakan tradisional Nusa Tenggara Timur? Jangan takut dan jangan berpikir dua kali! Anda mungkin menemukan saran makanan NTT yang lezat untuk dicoba di sini!

Lalu makan khas apa saja yang ada di NTT berikut ini adalah : 5 Makanan khas NTT pasti akan membuat kamu semakin ketagihan.

  1. Daging sei sapi asap

Makanan khas NTT yang pertama yaitu daging sei sapi asap, Hidangan NTT yang populer ini pada dasarnya sebanding dengan daging sapi asap masakan barat. Cara pembakarannya berbeda-beda.

Baca Juga:Sangat Lezat, 5 Makanan Khas Palu, Sekali Coba Akan Langsung KetagihanWajib di Coba, 5 Kuliner Khas Kendari yang Menggiurkan dan Kaya Rempah

Jika Anda tidak menyadarinya, daging yang diasap akan memperpanjang umur simpannya jika disimpan.

Tujuan umum dari prosedur pengasapan ini adalah untuk menghilangkan kelembapan dari daging dan menghentikan berkembang biaknya mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan makanan.

Bahasa Pulau Rote menggambarkan se’i sebagai daging yang tipis dan memanjang. Nama ini mengacu pada jenis daging sapi yang diiris memanjang sebelum diasapi.

Se’i awalnya mengonsumsi daging hewan buruan dari rusa dan babi hutan di Pulau Rote. Tapi sekarang, se’i bisa dibuat dengan rasa seperti daging sapi.

Se’i daging sapi ini dibuat berbeda dengan daging asap biasa karena menggunakan kayu kosambi dan arang.

Penggunaan Kosambi untuk mengasapi akan memberikan rasa dan aroma yang berbeda dari daging asap biasa.

Melapisi steak dengan garam, merica, bumbu dapur, dan madu timor (ditemukan di NTT) merupakan langkah awal dalam prosedur memasak. Diamkan daging selama berjam-jam agar bumbu meresap.

Baca Juga:Sangat Lezat, 5 Kuliner Khas Jayapura, Dijamin Bikin KetagihanWajib Coba, 5 Makanan Khas Ambon yang Bikin Ketagihan dan Sangat Enak

Potong daging menjadi potongan-potongan panjang setebal 2-3 cm sebelum dipanggang. Jika bara api dari kayu kosambi sudah siap, letakkan daun kosambi di atas daging sapi atau tutupi bara api tersebut dengan daun tersebut sehingga daging hanya bersentuhan dengan panas dan asap hasil pembakaran.

Biasanya steak diletakkan di atas arang dengan sudut yang sangat tinggi agar tidak bersentuhan dengan api. Steak yang telah diasapi berjam-jam kini siap disantap.

  1. Lawar Ikan
0 Komentar