Sangat Menggiurkan, 5 Makanan Khas NTT, Membuat Kamu Semakin Ketagihan

Sangat Menggiurkan, 5 Makanan Khas NTT, Membuat Kamu Semakin Ketagihan
Daging sapi sei asap adalah makanan khas NTT Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Makanan khas NTT ke 2 yaitu ada lawar ikan, Ikan segar dan mentah digunakan dalam hidangan lawar ikan. Jangan takut, Anda yang ragu mengonsumsi ikan mentah! Tidak ada keraguan bahwa makanan ini akan terasa enak dan aman.

Biasanya, lawar ikan dibuat dengan cara mengiris ikan laut menjadi irisan tipis, membersihkannya, lalu merendamnya dalam kombinasi cuka dan jeruk nipis.

Ikan akan “dimasak” oleh bakteri yang mati dalam proses perendaman ini. Ikan yang berubah warna menjadi putih susu menandakan siap disantap.

Baca Juga:Sangat Lezat, 5 Makanan Khas Palu, Sekali Coba Akan Langsung KetagihanWajib di Coba, 5 Kuliner Khas Kendari yang Menggiurkan dan Kaya Rempah

  1. Pelepah Manuk

Makanan khas NTT yang ke 3 adalah Pelepah manuk, Awalnya dibuat dengan burung, pelepah manuk adalah masakan umum NTT. Namun seiring berjalannya waktu, ayam ditambahkan ke dalam resep bersama dengan bumbu yang sama.

Biasanya, ayam atau burung panggang di atas pelepah manuk dimasukkan ke dalam wajan dengan tumis bumbu dan rempah.

Setelah burung atau ayam dimasukkan ke dalam wajan bersama bumbu dan rempah, tuang santan dan lanjutkan memasak hingga daging burung atau ayam terendam seluruhnya dalam ramuan santan, bumbu, dan bumbu. Pelepah manuk siap disantap setelah kuahnya mengental dan diangkat dari sumber panas.

  1. Ikan Kuah Belimbing

Makanan khas NTT yang ke 4 adalah ikan kuah belimbing, Cobalah santapan sup ikan belimbing wuluh jika Anda sedang mencari masakan tradisional NTT yang segar, lezat, dan berkuah.

Bahan utama kuah belimbing wuluh umumnya adalah belimbing wuluh yang diiris tipis-tipis dan diberi bumbu halus khas ikan tuna yang dimasak mirip dengan kuah.

Bumbu halus seperti kunyit, merica, garam, gula pasir, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, belimbing wuluh, daun bawang, daun jeruk purut, dan jika ada, serai biasanya disertakan dalam resep ini. Anda bisa menyesuaikan bumbu sesuai selera jika kurang pedas.

Meski memiliki karakter rasa yang segar dan asam, kecap ikan belimbing wuluh tetap beraroma dan tajam.

Baca Juga:Sangat Lezat, 5 Kuliner Khas Jayapura, Dijamin Bikin KetagihanWajib Coba, 5 Makanan Khas Ambon yang Bikin Ketagihan dan Sangat Enak

Selain irisan belimbing wuluh, sayuran tambahan kadang-kadang digunakan. Biasanya resep bisa dimodifikasi sesuai selera.

  1. Jagung bose

Makanan khas NTT ke 5 yaitu ada jagung bose, Jika Anda belum tahu, NTT adalah salah satu lokasi di Indonesia yang banyak ditemukan jagung. Oleh karena itu, tak heran jika banyak masakan NTT yang berbahan dasar jagung.

0 Komentar