5 Kuliner Khas Sumedang yang Membuat Semua Orang Senang

5 Kuliner Khas Sumedang yang Membuat Semua Orang Senang
Tahu Sumedang memiliki keunikan karena menggunakan kedelai lokal sebagai bahan utamanya. Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Penelitian menunjukkan hal ini karena tanah di kawasan Cilembu memiliki rasa yang unik dan lebih manis.

  1. Sale Pisang

Kuliner khas sumedang yang ke 3 adalah sale pisang, Saat menggigit sale pisang manis khas Sumedang ini, teksturnya renyah.

Rasanya gurih dan manis. Banyak wisatawan yang ingin membeli pisang hasil lelang ini sebagai kenang-kenangan.

Baca Juga:5 Makanan Khas Madura yang Membuat Lidah Bergoyang5 Kuliner Khas Betawi yang Sangat Enak dan Wajib Kamu Coba Agar Tidak Penasaran Karena Rasanya

Taburan gula di atas sale pisang inilah yang membuat sale pisang Sumedang memiliki cita rasa yang khas. Hal ini meningkatkan rasa manis dari penjualan pisang dan memberikannya bentuk yang kokoh dan portabel.

Pisang seringkali terasa lembek dan terasa agak lengket di telapak tangan saat dijual. Tekstur pisang sale ini cukup renyah.

Semua orang tidak bisa berhenti mengunyah pisang karena campurannya yang manis dan renyah.

Pastikan untuk membawa banyak oleh-oleh ini setiap kali Anda mengunjungi Sumedang. Selain keluarga dan teman, karena rasanya yang enak, sebaiknya juga disimpan di rumah.

  1. Opak ketan

Kuliner khas sumedang yang ke 4 opak ketan, Alternatif oleh-oleh khas Sumedang adalah ketan optak. Masyarakat Jawa Barat menganggap opak tradisional Sumedang adalah jajanan favorit.

Ketan merupakan unsur utama dari opak ketan Sumedang klasik, sesuai dengan namanya. Kelapa parut selanjutnya dipadukan dengan ketan yang sudah disiapkan. Hasilnya cukup enak.

Saking terkenalnya Opak Ketang, maka Pemerintah Kabupaten Sumedang membuat Tugu Opak sebagai simbol kota. Opak ketan ini banyak ditemui di toko oleh-oleh daerah Sumedang.

Baca Juga:5 Kuliner Khas Cirebon yang Terkenal, Bikin Lidah Kamu Bergoyang dan Ketagihan Ingin Mencobanya Lagi5 Kuliner Khas Batak, yang Wajib Kamu Coba Agar Tidak Penasaran

  1. Tape Singkong

Kuliner khas sumedang yang ke 5 adalah tape singkong, Salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal sebagai penghasil tape singkong yang menggugah selera adalah Sumedang. Rekaman itu memiliki tekstur halus dan rasa yang menyenangkan.

Singkong bisa dimakan mentah atau diolah menjadi camilan manis. seperti bahan dasar untuk makanan penutup atau sebagai tape singkong coklat atau keju.

Harga tape singkong di pasaran sangat bervariasi. Ada yang ditawarkan dalam jumlah besar, ada pula yang disediakan dalam ukuran biasa.

Nah itu tadi adalah 5 kuliner khas sumedang semoga bisa menjadi tambahan referensi kuliner kamu.(*)

0 Komentar