Gerhana Matahari Total di Tahun 2024 akan Lewat Indonesia, Daerah Mana saja?

Gerhana Matahari Total di tahun 2024
Gerhana Matahari Total. FOTO: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Artikel berikut akan membahas tentang Gerhana Matahari Total di Tahun 2024, jadi jangan sampai ketinggalan informasi selengkapnya.

Apakah Indonesia akan terpengaruh oleh Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada tahun 2024 ini di berbagai wilayah dunia?

Gerhana Matahari Total adalah saat sinar Matahari tertutup oleh Bulan sehingga bayangan Bulan jatuh di Bumi. Bagian Bumi yang berada di bawah bayangan inti (umbra) Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Total.

Baca Juga:Jarwo Kwat Buka Suara Usai Video Dirinya Peluk Chateez Viral: Sesuai SkenarioGrace Natalie Hampiri Moderator Debat Calon Presiden ke-3 saat Jeda Iklan, Grace Natalie: Komplain 3 Jari!

Pada tahun 2021, Gerhana Matahari Total terjadi terakhir kali di Benua Antartika.

Namun, pada tahun 2024 ini, fenomena Gerhana Matahari Total akan terjadi di sejumlah wilayah di Amerika Utara, khususnya di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko pada tanggal 8 April 2024.

“Gerhana Matahari Total pada hari Senin, 8 April 2024 akan melintasi Amerika Utara, melewati Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. Gerhana Matahari Total akan dimulai di atas Samudra Pasifik Selatan. Jika cuaca memungkinkan, lokasi pertama di benua Amerika Utara yang akan mengalami gerhana matahari total adalah pantai Pasifik Meksiko sekitar pukul 11.07 pagi,” tulis NASA dalam laman resminya, dikutip Senin (8/1).

NASA menjelaskan bahwa jalur Gerhana Matahari Total di Tahun 2024 akan melintasi wilayah Meksiko, kemudian memasuki Amerika Serikat melalui Texas, dan berlanjut melewati negara bagian Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine. Setelah itu, gerhana akan masuk ke wilayah Kanada melalui Ontario Selatan, dan meneruskan lintasannya melalui Quebec, New Brunswick, Prince Edward Island, dan Cape Breton.

Selanjutnya, Gerhana Matahari Total di Tahun 2024 akan keluar dari benua Amerika Utara tepatnya di pantai Atlantik di Newfoundland, Kanada, pada pukul 17.16 waktu setempat.

Apakah Indonesia akan mengalami peristiwa ini? simak artikel berikut.

Wilayah di Indonesia yang Terdampak Gerhana Matahari Total di Tahun 2024

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gerhana Matahari Total tidak terjadi setiap tahun.

Hendra Suwarta Suprihatin selaku Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu, menjelaskan bahwa kejadian Gerhana Matahari Total bergantung pada posisi relatif antara Bulan, Bumi, dan Matahari.

0 Komentar