5 Jajanan Khas Pantai Gunung Kidul, Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Gunung Kidul

5 Jajanan Khas Pantai Gunung Kidul, Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Gunung Kidul
Penduduk setempat menggunakan ikan laut sebagai bahan utamanya ditambah berbagai bumbu standar bakso untuk membuat bakso tersebut. Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Ikan lendir dan jenis ikan lain yang berbadan kurus biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku. Jenis ini dipilih karena daya tahannya yang lebih tinggi, karena tubuh ikan tidak menyerap minyak atau menahan banyak air selama pengolahan.

Biayanya mungkin berubah berdasarkan jenis ikan yang diolah; satu kilogram ikan biasanya berharga antara Rp 70.000 hingga Rp 150.000.

  1. Bakso Ikan Laut

Jajanan khas pantai gunung kidul ke 4 yaitu ada bakso ikan laut, Penduduk setempat menggunakan ikan laut sebagai bahan utamanya ditambah berbagai bumbu standar bakso untuk membuat bakso tersebut. Bakso ikan laut khas Gunungkidul ini memiliki cita rasa khas yang tidak terlalu amis.

Baca Juga:5 Hewan Terkonfirmasi Punah Pada Tahun 2023, Semoga Tidak ada Lagi Hewan yang Punah7 Makanan Tidak Lazim Khas Indonesia, Ada Yang Ingin Coba ?

Pembuatan bakso ini melalui beberapa langkah: pertama, ikan segar harus direbus hingga setengah matang. Setelah ikan matang, baru diambil dagingnya; setiap tulang belakang perlu diangkat satu per satu.

Selanjutnya daging ikan dibumbui, dihaluskan, lalu dibentuk. Harga per plastik bakso ikan laut ini umumnya Rp 20.000.

  1. Peyek Udang

Jajanan khas pantai gunung kidul ke 5 yaitu ada peyek udang, Panami atau udang kecil yang banyak ditemukan di pantai Gunungkidul ini biasanya diolah hingga menjadi penyok. Daging udang panami kenyal dan tebal.

Mengolah udang panami juga sama sederhananya; yang diperlukan hanyalah mencuci dan memberi bumbu secara menyeluruh sebelum udang digoreng berkali-kali hingga menghasilkan penyok udang yang renyah. Di Gunungkidul, udang panami peluru kerap dijual dengan harga Rp 100.000 per kilogram.

Nah itu tadi adalah 5 jajanan khas pantai gunung kidul semoga bermanfaat bagi kita semua.(*)

0 Komentar