15 Makanan Terbau di Dunia, Apakah Kamu Berani Mencobanya

15 Makanan Terbau di Dunia, Apakah Kamu Berani Mencobanya
Kiviak adalah hidangan tradisional dari Greenland yang melibatkan daging burung air yang dimasukkan ke dalam perut seekor anak anjing anjing laut dan dibiarkan untuk difermentasi. Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Bagoong memberikan rasa yang kuat dan gurih pada hidangan dan digunakan sebagai bumbu atau saus dalam masakan Filipina dan beberapa masakan Asia Tenggara.

Aroma yang khas dan intensitas bagoong bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang, tetapi bagi pecinta makanan Asia Tenggara, bagoong adalah unsur kunci dalam berbagai hidangan.

  1. Kiviak – Greenland

Kiviak adalah hidangan tradisional dari Greenland yang melibatkan daging burung air yang dimasukkan ke dalam perut seekor anak anjing anjing laut dan dibiarkan untuk difermentasi.

Baca Juga:15 Fakta Menarik Tentang Mie, Mie Sebagai Media Budaya15 Fakta Menarik Ikan Candiru, Ikan Kecil Namun Sangat Berbahaya

Proses fermentasi menciptakan aroma yang khas dan hidangan ini menjadi salah satu makanan yang terbau di dunia. Kiviak umumnya disajikan pada acara khusus atau festival di Greenland.

  1. Petai – Indonesia dan Malaysia

Petai adalah buah yang tumbuh di pohon petai dan memiliki biji yang biasa dikonsumsi sebagai makanan.

Buah ini terkenal karena bau khasnya yang kuat, terutama setelah dikonsumsi. Meskipun memiliki bau yang tajam, banyak orang di Indonesia dan Malaysia menyukai petai karena rasa dan teksturnya yang unik.

  1. Bún đậu mắm tôm – Vietnam

Bún đậu mắm tôm adalah hidangan Vietnam yang mencakup mi beras, tahu, dan babi yang dimasak dengan saus terasi atau mắm tôm.

Mắm tôm adalah saus udang fermentasi yang memberikan hidangan ini bau yang sangat kuat dan khas.

Hidangan ini adalah pilihan yang populer di Vietnam, terutama di antara pencinta makanan yang menyukai rasa yang kuat.

  1. Cencaluk – Malaysia dan Indonesia

Cencaluk adalah saus fermentasi yang terbuat dari udang atau krustasea kecil yang dicampur dengan garam dan dibiarkan untuk difermentasi.

Baca Juga:15 Fakta Menarik Tentang Burung Manyar, Burung yang Kerap Hidup Berkelompok15 Fakta Menarik Tentang Belut Listrik, Belut yang Mempunyai Listrik

Aroma yang dihasilkan oleh fermentasi ini sangat khas dan dapat dianggap sebagai salah satu makanan terbau di kawasan tersebut.

Cencaluk sering kali dijadikan bumbu dalam hidangan tradisional seperti rojak atau laksa.

  1. Budu – Malaysia

Budu adalah saus ikan fermentasi yang terbuat dari ikan cencaru atau ikan bilis yang dicampur dengan garam dan dibiarkan untuk difermentasi.

Saus ini memberikan hidangan bau yang sangat kuat dan bercita rasa gurih. Budu sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan tradisional Malaysia, khususnya di wilayah Pantai Timur.

0 Komentar