Cara Menghitung Harga Penjualan
Setelah memahami cara mencari harga penjualan yang tepat, langkah selanjutnya adalah menghitung harga penjualan secara spesifik. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung harga penjualan, seperti markup pricing, profit margin, keystone pricing, manufacturing suggested retail price, value based pricing, dan break even pricing.
1. Markup Pricing
Metode markup pricing merupakan metode yang sederhana dan mudah dipahami. Dalam metode ini, kamu cukup menambahkan keuntungan langsung dari harga beli produk. Rumus perhitungan harga jual dengan metode markup pricing adalah:
Harga jual = Modal + (Modal x Persentase Margin)
Dalam rumus tersebut, modal adalah harga beli per unit produk dan persentase margin adalah keuntungan yang ingin kamu peroleh dari penjualan produk.
2. Profit Margin
Baca Juga:10 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Menembus Kerja di Dunia Pertambangan5 Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak,Orang Tua Wajib Tahu!
Metode profit margin digunakan dengan menghitung biaya variabel dan menambahkan margin profit atau selisih keuntungan yang diharapkan dari setiap produk. Metode ini juga dapat digunakan untuk menghitung total keuntungan yang akan didapatkan. Cara menghitung harga jual menggunakan metode profit margin adalah:
Harga jual = Biaya Variabel / (1 – Desimal Margin Profit yang Diinginkan)
Dalam rumus tersebut, biaya variabel adalah biaya yang berubah seiring dengan jumlah produk yang dijual, seperti biaya bahan baku dan biaya produksi.
3. Keystone Pricing
Keystone pricing adalah metode yang digunakan untuk menentukan harga jual dua kali lipat dari harga grosir atau biaya perolehan produk. Metode ini cenderung memberikan keuntungan maksimal. Keystone pricing umumnya digunakan dalam toko-toko besar, di mana harga produknya cenderung lebih tinggi daripada toko-toko lainnya.
Meskipun menguntungkan, keystone pricing juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah stok barang yang berlebihan atau tidak dapat dijual. Namun, perlu diingat bahwa harga yang terlalu tinggi dapat membuat pelanggan enggan untuk membeli.
4. Manufacturing Suggested Retail Price
Manufacturing Suggested Retail Price (MSRP) atau Harga Eceran Tertinggi (HET) adalah metode penetapan harga yang ditetapkan oleh pemilik merek dari produk tertentu. Pemilik merek menetapkan HET yang harus diikuti oleh semua penjual produk tersebut. Tujuan dari metode ini adalah untuk menjaga harga jual produk tetap stabil di pasaran.