10 Danau Terdalam Di Dunia, Awas Bisa Tenggelam 

10 Danau Terdalam Di Dunia, Awas Bisa Tenggelam 
Danau Baikal di Siberia, Rusia, menyandang gelar sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimum mencapai 1.642 meter. Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Danau Vostok diperkirakan telah terisolasi selama jutaan tahun di bawah lapisan es. Oleh karena itu, dipercaya danau ini memiliki ekosistem yang unik dan misterius dengan kemungkinan adanya organisme extremophile yang dapat hidup di lingkungan dingin dan kekurangan cahaya. 

5. Danau Crater (Oregon, Amerika Serikat)

Danau Crater terkenal dengan keindahan airnya yang jernih berwarna biru kehijauan. Warna ini disebabkan oleh kedalaman danau dan minimnya sedimen di air.

Danau Crater menjadi destinasi wisata populer untuk kegiatan berkemah, mendaki, dan berperahu.

6. Danau Great Slave (Kanada)

Baca Juga:5 Sungai Terindah di Dunia, Wajib Kamu Kunjungi dan Akan Sangat Menyejukan Mata 10 Sungai Terpanjang di Benua Asia, Berani Mengarumi Sungai Berikut Ini 

Danau Great Slave di Kanada merupakan danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman maksimum mencapai 614 meter.

Danau Great Slave terletak di wilayah subarktik dan memiliki musim dingin yang panjang dan keras. Permukaan danau membeku selama beberapa bulan dalam setahun, Danau Great Slave kaya akan sumber daya alam, seperti emas, tembaga, dan seng.

7. Danau Baikal (Siberia, Rusia)

Danau Baikal di Siberia, Rusia juga merupakan danau terdalam di Eropa dengan kedalaman maksimum mencapai 538 meter.

Danau Baikal terkenal dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, terutama spesies invertebrata endemik.

Danau Baikal terancam oleh pencemaran dari industri dan pertanian. Upaya pelestarian danau ini terus dilakukan untuk menjaga kelestariannya.

8. Danau Malawi (Malawi, Mozambik, Tanzania)

Danau Malawi terletak di perbatasan Malawi, Mozambik, dan Tanzania, dan merupakan danau terdalam di Afrika dengan kedalaman maksimum mencapai 706 meter.

Danau Malawi terkenal dengan keanekaragaman hayati ikan air tawar yang tinggi, dengan lebih dari 1.000 spesies ikan endemik.

Baca Juga:4 Danau Terdalam di Indonesia, yang Harus Kamu Tahu Bahwa Indonesia Juga Mempunyai Danau Terdalam 5 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara, Sungai dibawah Ini Memiliki Peran Penting Bagi Masyarakat Setempat 

Danau Malawi terancam oleh deforestasi di daerah aliran sungainya. Hal ini menyebabkan erosi tanah dan pencemaran air danau.

9. Danau Issyk-Kul (Kirgistan)

Danau Issyk-Kul di Kirgistan merupakan danau air asin terdalam di dunia dengan kedalaman maksimum mencapai 702 meter, Danau Issyk-Kul merupakan danau endorheic, artinya tidak memiliki outlet ke laut.

Danau Issyk-Kul menjadi destinasi wisata populer untuk kegiatan berenang, berjemur, dan berlayar.

10. Danau Matano (Sulawesi, Indonesia)

Danau Matano di Sulawesi, Indonesia merupakan danau terdalam di Indonesia dengan kedalaman maksimum mencapai 590 meter.

0 Komentar