5 Jenis Tupai yang Bisa Terbang, yang Harus Kamu Ketahui 

5 Jenis Tupai yang Bisa Terbang, yang Harus Kamu Ketahui 
Salah satu karakteristik yang paling menarik dari beberapa jenis tupai adalah kemampuan mereka untuk terbang, atau lebih tepatnya, \"melayang.\"  Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Jenis Tupai yang Bisa Terbang,  Tupai adalah hewan kecil yang biasanya dikaitkan dengan lingkungan hutan dan taman. 

Mereka dikenal karena kecerdasan mereka, kecepatan, dan kemampuan untuk melompat jarak yang jauh. 

Salah satu karakteristik yang paling menarik dari beberapa jenis tupai adalah kemampuan mereka untuk terbang, atau lebih tepatnya, “melayang.” 

Baca Juga:5 Fakta Menarik Tentang Chinchilla, Hewan Peliharaan yang Sangat Lucu Sekali 4 Jenis Burung Puyuh Hias yang Sangat Eksotis dan Dapat Kamu Pelihara

Ini berbeda dari penerbangan yang sebenarnya seperti yang dilakukan oleh burung, tetapi merupakan adaptasi yang menakjubkan untuk menavigasi hutan yang lebat dan terbuka.

 Berikut ini adalah tujuh jenis tupai yang memiliki kemampuan melayang yang menarik untuk dibahas:

1.      Tupai Terbang Selatan 

Tupai terbang selatan adalah spesies tupai yang ditemukan di hutan-hutan Afrika Tengah dan Barat. 

Mereka memiliki “sayap” yang terbuat dari selaput kulit yang menghubungkan kaki depan dan belakang, memungkinkan mereka untuk melayang dari satu pohon ke pohon lainnya. 

Meskipun terlihat seperti terbang, tupai ini lebih tepatnya melakukan gliding, menggunakan ekor mereka untuk mengontrol arah dan ketinggian.

2.      Petaurista spp ( Tando Merah ) 

Petaurista adalah kelompok spesies tupai yang ditemukan di seluruh Asia Timur dan Tenggara. 

Mereka memiliki sayap-sayap kulit yang besar di antara kaki depan dan belakang yang memungkinkan mereka untuk meluncur di antara pohon-pohon dengan kemampuan yang luar biasa.

Baca Juga:7 Hewan Laut Purba yang Sangat Mengerikan yang Sudah Punah Sangat Bermanfaat, 4 Manfaat Memelihara Ikan Hias Laut Selain Karena Hobi 

Sayap-sayap ini juga membantu mereka dalam manuver dan pengendalian ketika mereka meluncur melalui kanopi hutan.

3.      Aeromys spp

Aeromys adalah spesies tupai yang ditemukan di pulau Sulawesi dan beberapa pulau sekitarnya di Indonesia. 

Mereka memiliki sayap-sayap yang besar dan kulit yang menghubungkan kaki depan dan belakang mereka, memungkinkan mereka untuk meluncur dari satu pohon ke pohon lainnya.

 Kemampuan mereka untuk bergerak dengan gesit di kanopi hutan menjadikan mereka predator yang efisien dan pemain penting dalam ekosistem hutan.

4.      Petaurus 

Petaurus, juga dikenal sebagai sugar glider, adalah spesies yang ditemukan di Australia, Papua Nugini, dan Indonesia bagian timur. 

0 Komentar