Sangat Berjasa Bagi Petani, 5 Reptil Sahabat Petani yang Membasmi Hama 

Sangat Berjasa Bagi Petani, 5 Reptil Sahabat Petani yang Membasmi Hama 
Ular pucuk ini sebagai sehabat petani Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

4.      Biawak 

Kali ini dari keluarga kadal yang menjadi reptile sahabat petani yaitu ada biawak, Kadal raksasa ini termasuk dalam genus Varanus dan sering kali terlihat di lingkungan pertanian, seperti sawah dan kebun. 

Selain memiliki gigi dan cakar yang tajam, biawak ini bisa mencapai panjang maksimal tiga meter, menjadikannya hewan yang cukup besar. 

Oleh karena itu, para petani mungkin akan sangat berhati-hati saat menemukan biawak di kawasan pertanian. Karena gigitan dari biawak ini dapat merobek daging dan kulit manusia yang bisa berakibat fatal, maka gigitannya juga tidak boleh dianggap enteng. 

Baca Juga:5 Fakta Tentang Hoatzin, Burung Asli Endemik Hutan Amazon 5 Burung yang Ahli dalam Berenang dan Menyelam agar Memudahkan Mereka Menangkap Ikan 

Tetapi ternyata, biawak ini memainkan peran yang sangat penting bagi para petani meskipun memiliki biawak ini sangat ganas. 

Menurut laman spesies Biodiversity Web, biawak ini merupakan karnivora yang gemar memakan tikus, katak, kodok, kadal, burung, bahkan bangkai. 

Oleh karena itu, reptil ini juga secara tidak sengaja membantu para petani dalam membasmi burung dan tikus yang sering memakan padi atau bibit tanaman. 

Terdapat keuntungan lingkungan jika memiliki biawak di pekarangan karena mereka secara alami merupakan pengurai bangkai yang sangat bermanfaat agar tidak ada bangkai yang menganggu.

5.      Bunglon 

Reptil sahabat petani yang satu ini sangat suka sekali berubah warna yak tidak lain dan tidak bukan yaitu adalah bunglon, Bunglon ini bukan anggota keluarga chamaeleonidae; melainkan jenis bunglon hijau yang termasuk dalam genus Bronchocela. 

Meski memiliki nama yang sama,  ternyata keduanya memiliki sebaran, perilaku, dan ciri morfologi yang cukup beragam. 

Dikenal sebagai bunglon hijau, bunglon yang termasuk dalam genus Bronchocela ditemukan di Asia Tenggara. 

Baca Juga:5 Fakta Mengenai Largetooth Sawfish, Hiu Unik Karena Memiliki Moncong Seperti Gergaji Terlihat Seperti Ular Tetapi Masih Sejenis Kadal, 8 Fakta Unik Burton's legless lizard 

Ciri-cirinya antara lain ekor panjang, kaki dan cakar panjang, tubuh kurus, warna hijau, dan surai atau layar menutupi tubuh bagian atas. 

Bunglon adalah reptil pemakan serangga yang artinya mereka suka memakan serangga seperti lalat, capung, ngengat, dan serangga kecil lainnya, menurut laman iNaturalist.ca. bunglon hijau ini bermanfaat bagi petani karena mereka juga memakan belalang dan jangkrik. 

0 Komentar