Lakukan Hal Ini! 5 Tips Mengatasi Panas di Malam Hari untuk Tidur Nyenyak

5 Tips Mengatasi Panas di Malam Hari untuk Tidur Nyenyak
Menyalakan kipas angin adalah salah satu untuk mengatasi panas pada malam hari. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Saat panas di luar tak terhindarkan, seringkali pilihan terbaik adalah tetap berada di rumah untuk mengatasi panas. 

Namun, bertahan dari panas siang hari sebenarnya bukan masalah besar, tantangan sebenarnya datang di malam hari ketika kita harus tidur. 

Pada artikel kali ini, kami ingin membantu Anda mengatasi panas malam hari agar tidur tetap nyenyak. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Kipas Angin dengan Cermat

Baca Juga:9 Pilihan Pintu Geser Kaca untuk Rumah yang Lebih Luas dan Terang11 Inspirasi Membuat Rumah Kecil Terasa Dua Kali Lebih Besar dengan Pintu Geser, Solusi Praktis dan Estetis

Salah satu solusi pertama untuk mengatasi panas tanpa AC adalah dengan menggunakan kipas angin.

Namun, perlu diingat, kipas angin sebaiknya hanya digunakan saat diperlukan, karena mesin kipas yang terus-menerus menyala bisa menambah panas di ruangan.

 Jika kipas langit-langit tidak cukup, tambahkan kipas meja. Untuk hasil lebih optimal, letakkan ember berisi es di depan kipas angin, sehingga udara yang dihasilkan lebih sejuk.

2. Tutup Rumah di Siang Hari

Pada siang hari, cegah panas masuk ke dalam rumah dengan menutup tirai, kerai, atau gorden, serta menutup jendela untuk mengisolasi ruangan dari panas.

Saat malam tiba, buka kembali semua penutup tersebut untuk membiarkan udara malam yang lebih sejuk masuk.

Jika Anda memiliki jendela di kedua sisi rumah, buka keduanya untuk menciptakan ventilasi silang yang efektif hingga ke kamar tidur.

3. Gunakan Tirai Berwarna Terang

Pemilihan tirai juga penting. Gunakan tirai berwarna terang seperti putih yang terbuat dari bahan ringan. Tekstil berwarna gelap cenderung menyerap panas dan menghangatkan ruangan, sementara tirai putih akan memantulkan panas sehingga ruangan tetap sejuk.

4. Basahi Lantai dan Buka Jendela di Malam Hari

Baca Juga:Mau Punya Kolam Ikan Minimalis Pojok Rumah? Simak 7 Inspirasi Menarik Ini!5 Inspirasi Elemen Esterior Rumah Dengan Tampilan Taman Minimalis Depan Rumah 

Ketika malam tiba, buka jendela dan pasang kelambu jika perlu untuk menghindari serangga. Setelah itu, basahi lantai dengan air sebelum tidur.

Cara ini membantu menurunkan suhu di rumah Anda beberapa derajat. Basahi juga trotoar di sekitar rumah untuk meningkatkan efek kesejukan.

5. Pertimbangkan Tidur di Lantai Basement

Jika semua cara di atas belum cukup mendinginkan ruangan, mungkin saatnya untuk mengambil langkah drastis.

0 Komentar