Sering Terlupakan! Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Utama Buah Delima untuk Kesehatan

Sering Terlupakan! Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Utama Buah Delima untuk Kesehatan
Khasiat buah delima untuk kesehatan yang jarang orang ketahui. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

4. Meningkatkan Kinerja Tubuh

Buah delima dapat membantu kinerja atletik dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Jus buah delima meningkatkan bioavailabilitas oksida nitrat, membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berolahraga.

5. Mengontrol Gula Darah

Meskipun mengandung gula alami, buah delima dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat memperbaiki fasting blood sugar pada penderita diabetes.

Cara Terbaik Mengelola Buah Delima

Untuk mendapatkan manfaat optimal, makan biji delima (arils) langsung atau tambahkan ke dalam salad, yogurt, oatmeal, atau puding chia.

Baca Juga:Tanpa Efek Samping! Mengenal Asam Ferulat untuk Rahasia Kulit Cerah dan Bebas Kerut Munurut Dr. Murray6 Rekomendasi Meja Minimalis yang Unik untuk Hunian Modern

Membekukan biji delima saat musimnya juga bisa menjadi pilihan untuk menikmatinya sepanjang tahun. Namun, ingat bahwa mengolah buah delima menjadi jus menghilangkan sebagian besar seratnya, meski masih mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin.

Efek Samping dan Interaksi dengan Obat

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, biji dan jus delima aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau ketidaknyamanan pencernaan. 

Jika seseorang sensitif terhadap fruktan, efek samping pencernaan seperti buang angin, kembung, dan diare bisa terjadi jika makan dalam porsi besar. Bagi yang mengonsumsi obat tertentu, disarankan berkonsultasi dengan dokter karena delima dapat berinteraksi dengan pengencer darah.

Buah delima adalah buah kaya nutrisi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga mendukung kinerja tubuh dan mengontrol gula darah.

Memasukkan buah delima ke dalam pola makan rutin bisa menjadi langkah mudah dan lezat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jangan lewatkan buah delima dalam daftar belanjaanmu berikutnya!

0 Komentar