Mengenal Rumah Gadang, Rumah Tradisional Sumatera Barat yang Megah dan Menawan

Mengenal Rumah Gadang, Rumah Tradisional Sumatera Barat yang Megah dan Menawan
Rumah Gadang adalah nama rumah adat yang terdapat di provinsi Sumatera Barat. Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

Rumah Gadang Bodi Caniago 

Dibandingkan dengan varietas lainnya, rumah gadang jenis ini memiliki atap yang lebih datar dan hiasan yang lebih sedikit. Khasnya, Rumah Gadang Bodi Caniago terletak di pusat wilayah Minangkabau.

Rumah Gadang Koto Piliang 

Rumah Gadang Koto Piliang dibedakan dari tangganya yang khas dan sering kali terletak pada jumlah anak tangga ganjil di bagian depan rumah. Sesuai dengan namanya, kawasan Koto Piliang merupakan tempat umum untuk mendapatkan Rumah Gadang semacam ini.

Rumah Gadang Bariang

Rumah Gadang ini mempunyai atap melengkung ke atas menyerupai pelana kuda yang tinggi. Rumah Gadang Bariang biasanya terletak di daerah yang lebih terpencil.

Rumah Gadang Kajang Padati

Baca Juga:Ide Pagar Bambu Minimalis Sederhana yang Estetik dan Law BudgetResepsi Makin Berkesan! Ini 8 Inspirasi Dekorasi Pernikahan yang Simple dan Elegan

Atap Rumah Gadang Kajang Padati lebih rapat dan padat, dengan sedikit area terbuka di depannya. Biasanya ditemukan di dekat laut atau di daerah yang berangin.

Rumah Gadang Singanjuang

Atap Rumah Gadang Singanjuang atau disebut juga Rumah Gadang Singanjuang bentuknya lebih mendatar dan lebih rendah. Lingkungan Singanjuang dan sekitarnya sering menjadi lokasi Rumah Gadang ini.

Ada baiknya Anda mengetahui beberapa aspek mengenai Rumah Gadang, rumah khas Sumatera Barat. Siapa saja yang rindu berlibur ke Rumah Gadang di Sumbar? Semoga bermanfaat. (*)

0 Komentar