10 Manfaat Bawang Merah Lebih dari Sekadar Bumbu Dapur, Bantu Obati Masuk Angin & Maag

10 Manfaat Bawang Merah Lebih dari Sekadar Bumbu Dapur, Bantu Obati Masuk Angin & Maag
Bawang Merah. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Bawang merah, sering kali hanya dianggap sebagai bumbu dapur, sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tidak hanya menambah cita rasa pada masakan, bawang merah juga kaya akan nutrisi dan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, bawang merah, tanaman apotek hidup, memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena kandungan zat besi, magnesium, kalsium, folat, dan kalium yang tinggi di dalam bawang merah, banyak obat alami yang dibuat darinya.

Baca Juga:10 Manfaat Daun Salam, Bagus untuk Jaga Kesehatan Jantung10 Manfaat Daun Dewa, Salah-Satunya Ampuh Turunkan Gula Darah

Bawang merah dapat digunakan untuk mengobati masuk angin, maag, melancarkan pernapasan, menurunkan kolesterol, dan membantu mengobati luka karena kandungannya.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food and Drug Analysis, irisan daun bawang mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, yang memungkinkannya melawan berbagai bakteri penyebab penyakit seperti E. coli, S. aureus, P. aeruginosa, dan Bacillus cereus.

Berikut 10 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

1. Kaya akan Antioksidan

Bawang merah mengandung banyak antioksidan, termasuk quercetin dan anthocyanin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa quercetin dalam bawang merah dapat mengurangi risiko kanker dan memiliki sifat antiinflamasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi bawang merah secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa sulfur dalam bawang merah, seperti thiosulfinat, telah terbukti memiliki efek pengencer darah alami, yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

Selain itu, quercetin dalam bawang merah juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang keduanya merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Baca Juga:Selain Mengatasi Bau Mulut, Ada 10 Manfaat Lain dari Daun Sirih, Apa Saja?Mengatur Gula Darah dengan Kumis Kucing, Boleh Dicoba 10 Manfaat Lainnya

Bawang merah juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam bawang merah membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang penting untuk melawan infeksi.

Selain itu, sifat antibakteri dan antivirus dari bawang merah dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

4. Mengatur Kadar Gula Darah

0 Komentar